Mengenalkan Seni Musik dari Berbagai Daerah Kepada Anak - Seni Rupa dan Sejarah

Mengenalkan Seni Musik dari Berbagai Daerah Kepada Anak

Share:

Seni musik adalah bentuk seni yang menggunakan suara sebagai medianya. Ini memiliki banyak bentuk dan ekspresi yang beragam dalam karya berbasis media dan teater. Beberapa musisi terkenal termasuk Stephen Ayer, Christiane Kirtz, Laurie Spiegel, Christian Leuba dan Pauline Emileau.

Pada dasarnya, seni musik telah berkembang selama beberapa dekade terakhir berkat kemajuan teknologi dan perluasan ekspresi artistik. Ada beberapa festival seni musik di seluruh dunia, yang paling terkenal mungkin adalah Sonic Boom (alias La Feria de la Sounicópolis) di Tijuana, Meksiko. Festival ini menarik peserta dari seluruh dunia sehingga musisi dapat memamerkan karya mereka kepada halayak internasional. Festival terkenal lainnya termasuk Sonicafobia di Birmingham, Inggris. Festival musik EarthSound di Austria. Beberapa karya berfokus pada wilayah tertentu seperti gurun di Arizona atau hutan hujan di Brasil. Lainnya fokus pada lokal tertentu dalam suatu wilayah- misalnya, Festival Seni Suara Gran Puebla di Mexico City atau Festival Soundscape Internasional Granada di Spanyol.

Banyak orang mendengarkan musik kepada anak-anak dan beberapa anak tumbuh menjadi musisi sendiri. Tidak peduli profesi apa yang diikuti seorang musisi, pengalaman masa kecilnya dengan musik sering kali memiliki efek mendalam pada pekerjaannya di kemudian hari dan setiap orang berkembang secara berbeda ketika terkena musik.

Beberapa orang memiliki hubungan emosional yang kuat dengan jenis musik tertentu. Misalnya, beberapa orang yang terlahir tuli memiliki hubungan emosional yang mendalam dengan musik. Mereka belajar memainkan instrumen sebagai anak-anak dan sering berkembang menjadi musisi ulung.

para musisi harus merasa bebas untuk mengikuti jalan yang beresonansi dengan musikalitas bawaan mereka sendiri. Musik memiliki efek yang kuat pada ingatan anak-anak dan orang dewasa. Banyak orang mendengarkan lagu masa kecil favorit mereka sebagai orang dewasa. Ini membantu mereka rileks dan merasakan nostalgia untuk pengalaman masa lalu mereka. Demikian pula, banyak orang tua menggunakan musik sebagai alat pendidikan dengan anak-anak mereka.

Musik memiliki kekuatan untuk membawa penonton ke dalam emosi yang sebelumnya belum dijelajahi, yang menjadikannya alat yang ideal untuk perkembangan anak. Musik dapat memiliki dampak besar pada perkembangan kepribadian anak.

"Di jenjang PAUD, musik mampu mempengaruhi aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan anak, baik dari fisik, motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, hingga seni. Bahkan terkait pendidikan karakter, musik juga bisa menjadi sarana utama dan pendidikan dasar bagi anak usia dini dalam pemahaman budi pekerti untuk perkembangan sosial anak melalui pembelajaran yang menyenangkan dan ceria," Febty Kurnia Ning Tyas dalam Diskusi Kemdikbud

Jadi mengenalkan seni musik dari berbagai daerah kepada anak merupakan peran dari guru musik yang memiliki kekhususan etnomusikologi.

Gambar disalin dari Music Republicain


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.