Hal Utama Ketika Melakukan Perencanaan dalam Pameran Seni Rupa - Seni Rupa dan Sejarah

Hal Utama Ketika Melakukan Perencanaan dalam Pameran Seni Rupa

Share:

Pameran merupakan usaha untuk mempertemukan seniman, publik dan kurator dalam satu tempat. Pameran seni rupa dilakukan dengan tujuan tertentu sepertu tujuan komersil, tujuan sosial ataupun tujuan kemanusiaan.

Nah, bagaimana sebaiknya penyelenggaraan pameran di sekolah?

Penyelenggaraan pameran di sekolah sebaiknya berdasarkan materi pembelajaran seni rupa yang telah diterima dalam hal ini adalah karya yang sudah dihasilkan dan materi pameran yang sudah diberikan oleh guru kalian.

Hal utama ketika melakukan perencanaan dalam pameran seni rupa yaitu mendapat persetujuan dari guru mata pelajaran dan kepala sekolah serta guru yang ditugaskan pada bagian sarana dan prasarana di sekolah. Dalam pelaksanaan pameran hendaknya kalian membentuk kepanitiaan, mengumpulkan karya, membuat katalog karya, mempersiapkan acara pembukaan, mempersiapkan tata letak karya dan alur peserta memasuki ruang pameran, serta yang tidak kalah penting membuat undangan, baik itu undang untuk guru-guru maupun undangan untuk warga sekitar. Tak lupa kalian bisa mengundang seniman-seniman lokal yang ada di tempat tinggal kalian.

Dalam pengumpulan karya, sebaiknya karya yang dipamerkan adalah karya milik para siswa, guru mata pelajaran, serta seniman lokal.

Di akhir acara penyelenggaraan pameran, sebaiknya panitia mulai membuat laporan akhir kepanitiaan mengenai dana yang terpakai, jumlah pengunjung, jumlah karya yang terkumpul dan yang tidak kalah penting yaitu kendala yang dihadapi sebagai bahan pertimbangan untuk pameran selanjutnya. Dari rangkaian akhir acara itu kita sebut sebagai evaluasi penyelenggaraan pameran di sekolah.

seni,hal utama ketika melakukan perencanaan dalam pameran seni rupa adalah,perencanaan dalam pameran seni rupa adalah,perencanaan dalam pameran karya seni rupa
Gambar disalin dari Istockphoto


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.