Wombo Art Kelebihan dan Kekurangannya - Seni Rupa dan Sejarah

Wombo Art Kelebihan dan Kekurangannya

Share:

Melihat perkembangan seni digital makin ke sini semakin mengalami distorsi dari yang awalnya menggunakan keterampilan manusia menjadi keterampilan yang menggunakan algoritma buatan.

Perkembangan seni digital khususnya seni rupa atau kebanyakan dikenal sebagai karya ilustrasi maupun desain terus terdobrak karena adanya pengembangan aplikasi-aplikasi digital, baik berupa karya seni digital buatan tangan maupun karya seni digital yang hanya mengandalkan algoritma yang didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya yang diinginkan oleh kreatornya tanpa harus menggunakan keterampilan tangan (hand of skill).

Jika kita mengenal aplikasi mobile seperti Adobe Illustrator, Ibis Paint, Procreate, SketchUp dan lain sebagainya aplikasi yang dekat dengan para ilustrator dan desainer. Maka dibalik keterampilan tangan para ilustrator tersebut, muncul berbagai pesaing aplikasi lainnya yang tidak lagi membutuhkan keterampilan tangan tersebut.

Salah satu aplikasi ataupun website yang menawarkan kemudahan tersebut yaitu Wombo Art. Wombo art app sendiri merupakan aplikasi yang mengkombinasikan antara tag generator dan kemampuan algoritma yang dikembangkannya berdasarkan Artificial Inteligence atau AI. Di dalam website wombo art web, mereka menjelaskan bahwa "Create beautiful artwork using the power of AI. Enter a prompt, pick an art style and watch WOMBO Dream turn your idea into an AI-powered painting in seconds."

Wombo yang hadir dengan Wombo Dream memanjakan orang-orang yang membutuhkan pandangan baru tentang seni digital tanpa harus bersusah payah membuat karya digital.

Kelebihan: Menghadirkan karya seni digital tanpa harus menggunakan keterampilan dengan kualitas yang luar biasa. 

Kekurangan: Masih terbatas dalam menginterpretasikan keninginan kita terhadap karya yang akan dihasilkan meski menuliskan secara lengkap tag generator karya diinginkan. Secara sederhana AI yang bekerja, bukan pikiranmu.

Fitur: Disediakan template dari berbagai periode lukisan, gaya dan pelukisnya seperti lukisan zaman barok, lukisan picasso, Salvador Dali, Fantasy, Pastel, Ukiyoe, Vibrant, dan sebagainya.

wombo art web,wombo art app,wombo art pc,wombo art download,wombo art mod apk,wombo art apk,wombo art adalah,wombo art itu apa,wombo art twitter,wombo art artinya
Gambar 1 ditangkap dari website Wombo Dream

 
wombo art web,wombo art app,wombo art pc,wombo art download,wombo art mod apk,wombo art apk,wombo art adalah,wombo art itu apa,wombo art twitter,wombo art artinya
Gambar 2 ditangkap dari website Wombo Dream

Gambar di atas adalah cara kerja sederhana Wombo Art yang dapat di-download dengan membayar kepada penyedia jasa dari website wombo Dream di atas. Cukup dengan mengisi style yang diinginkan, maka AI akan melakukan analisis dan mempersiapkan hasil karya berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.

Dari gambar di atas dapat pula kita lihat bahwa Wombo Dream sedang mempersiapkan Minting ke dalam NFT yang artinya akan masuk ke dalam list Bitcoin ataupun ETH.

Apa lisensi gambar yang didapat jika membuat gambar melalui Wombo Art Dream? Dalam penjelasan Intellectual Property Wombo Art dijelaskan bahwa "The Service and its original content, features and functionality are and will remain the exclusive property of WOMBO and its licensors. The Service is protected by copyright, trademark, and other laws of both India and foreign countries. Our trademarks and trade dress may not be used in connection with any product or service without the prior written consent of WOMBO."

Artinya Wombo Art memberikan batas yang ketat dalam penerapan karyanya.

Begitupun dengan Copyright Infringement dari Wombo ini dapat kita lihat pula pernyataan mereka  bahwa "We do not allow any content that infringes copyright. The use of copyrighted content belonging to others without proper authorization or legally valid reason may lead to a violation of WOMBO's policies. At the same time, not all uses of copyrighted content constitute an infringement. In many countries, exceptions to copyright infringement allow the use of these works under certain circumstances without authorization. These include the fair use doctrine in the United States, and permitted acts of fair dealing in the European Union (and other equivalent exceptions under applicable local laws in other countries)."

Tentu selain hal yang instan seperti pesatnya perkembangan AI saat ini, para pekerja seni digital tidak boleh mundur hanya karena adanya robot algoritma yang mengancam para pekerja digital. Kekuatan tangan, pikiran, juga kesadaran akan fenomena alam, sosial, dan di dalam diri masing-masing adalah harta berharga dari manusia. Tetaplah sadar dan produktif untuk berkarya.

Karya Wombo Art di twitter menjadi bahan pembicaraan menarik akhir-akhir ini di kalangan global. Untuk mendukung kami agar tetap menginformasikan hal menarik, kami mohon kesediaannya untuk mengklik yang ini: Terima kasih!

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.