Setiap Salinan Karya Cetak Dikenal dengan Nama Apa? - Seni Rupa dan Sejarah

Setiap Salinan Karya Cetak Dikenal dengan Nama Apa?

Share:
Karya grafis adalah salah satu kenis seni rupa yang pembuatannya memerlukan bantuan cetak, dengan kata lain karya seni grafis adalah karya cetak.

Dikutip dari kompas.com, Arum sutrisni Putri menulis, seni grafis termasuk karya seni rupa dwimatra, dibuat untuk mencurahkan ide atau gagasan dan emosi seseorang. Seni grafis dibuat menggunakan teknik cetak sehingga memungkinkan pelipatgandaan karya tanpa menghilangkan orisinalitasnya. Istilah grafis dalam bahasa Inggris adalah graph atau graphic yang berarti dapat membuat tulisan atau lukisan dengan cara ditoreh atau digores.

Karya grafis dapat diperbanyak dengan menggunakan mal atau master cetakan atau molding. setiap salinan karya cetak dikenal dengan istilah karya duplikasi atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Repro/reproduction. Untuk memperkuat gagasan tersebut, mari kita membaca kutipan dari Fabulous Masterpiece London berikut ini, "When an artist copies an art work it's called an art reproduction or reproduction oil painting or simply replica art. Artists have been copying art since the 15th century with copies of woodblock illustrations."

Dalam pandangan yang lebih luas, karya salinan cetak seni grafis yang diulang-ulang tersebut juga dapat dimaknai sebagai karya Replika. Namun masih menjadi perdebatan bahwa karya yang sengaja direplika dan ditayangkan dalam waktu yang bersamaan dapat disebut dengan replika. Argumen tersebut membuat orang-orang bertanya manakah yang sesungguhnya karya asli dan mana karya duplikasi atau replika karena dipamerkan dalam waktu yang bersamaan?

Adapun pandangan yang menyatakan bahwa salinan karya cetak disebut dengan "impression" adalah hal yang masih dangkal. Hal tersebut diperkuat dengan alasan bahwa impression adalah aliran seni lukis pada abad-19 yang dipopulerkan oleh Claude Monet di Paris yang pengungkapan karyanya berusaha menangkap kesan yang muncul saat para pelukis mulai menggarap lukisannya. Kesan tersebut bisa berupa cahaya atau warna tertentu yang hadir saat itu juga. Jika kesan tersebut hilang, maka para pelukis berhenti untuk melukis dan melanjutkannya esok hari ketika kesan tersebut hadir kembali. Jadi impresionisme atau impresssion adalah tipe pelukis cepat pada masanya.

Demikian penjelasan dari kami. Selamat belajar.

setiap salinan karya cetak dikenal dengan, salinan karya cetak, salinan karya seni grafis, salinan karya grafis, karya seni grafis
Gambar disalin dari STUDI.COM


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.