Tahapan Awal dalam Menggambar dengan Objek Flora - Seni Rupa dan Sejarah

Tahapan Awal dalam Menggambar dengan Objek Flora

Share:

Menggambar yaitu menggoreskan pensil atau pen sehingga melaihrkan garis, bentuk, maupun warna di atas permukaan datar agar terlihat menarik. Menggambar biasanya dilakukan di atas kertas.

Obyek menggambar ada banyak, secara umum gambar dibagi menjadi tiga yaitu gambar flora, fauna dan alam benda. Di sisi lain ada yang membaginya dengan menambahkan gambar model dan gambar dekoratif.

Salah satu jenis menggambar adalah menggambar flora. Jadi menggambar flora yaitu menggambar objek tumbuhan, baik itu tumbuhan secara utuh maupun tumbuhan secara dekoratif atau tumbuhan yang telah digayakan.

Tahap awal dalam menggambar dengan objek flora adalah mencari referensi atau ide dalam menggambar. Mencari ide bisa dengan mengimajinasikan sesuatu bentuk atapun mencari pada buku tentang tumbuhan atau di internet.

Tahap kedua dalam menggambar dengan objek flora adalah melakukan goresan halus dan spontan atau biasa juga disebut dengan sketsa di atas kertas.

Tahapan ketiga dalam menggambar dengan objek flora adalah membuat detail mengenai flora yang dibuat, contoh misalnya jika terdapat cacat pada daun maka ditambahkan bagian yang cacat tersebut. Contoh lain jika terdapat pagi yang menempel pada batang pohon maka digambar paku tersebut agar terlihat detailnya.

Sebagai catatan, menggunakan pensil dengan kekerasan yang berbeda akan membuat gambar semakin bagus. Pensil dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu pensil yang berkode B, pensil yang berkode H dan pensil yang berkode F.

Pensil yang berkode B menandakan pensil tersebut lunak dan gelap jika digoreskan di atas permukaan kertas atau yang lainnya. Jika pensil yang berkode B semakin besar angka di depan huruf B maka pensil tersebut semakin gelap jika digoreskan, contohnya pensil 8B, maka semakin rendah angkanya maka tingkat kegelapannya juga semakin berkurang. Biasanya pensil jika diurutkan dari pensil yang paling gelap yaitu 8B, 7B, 6B, 5B, 4B, 3B, 2B dan HB. Penjelasan pensil untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di sini  

Demikian penjelasan dari saya, Semoga memudahkan untuk adik-adik dalam memahami menggambar flora. Jika ingin melihat penjelasan mengenai jenis-jenis ragam hias silahkan lihat di sini 

menggambar flora fauna dan alam benda,menggambar flora adalah,menggambar flora dan fauna,menggambar flora fauna,menggambar flora sama dengan menggambar,menggambar flora atau fauna,menggambar flora arsir,menggambar flora atau tumbuhan,menggambar flora adalah brainly
gambar disalin dari Vecteezy


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.