Ignis 2021, Kelebihan dan Kekurangannya - Seni Rupa dan Sejarah

Ignis 2021, Kelebihan dan Kekurangannya

Share:

Suzuki Ignis dibagi menjadi dalam 8 jenis yang berkapasitas 1197 cc. Suzuki Ignis ada yang menggunakan mode manual and otomatis sesuai kemampuan dan kemauan Anda dalam menggunakannya.

Ignis adalah Hatchback 5 seater dengan panjang 3700 mm, lebar 1690 mm, wheelbase 2435 mm. serta ground clearance 180 mm, berdasarkan data dari OTO

Harga Ignis 2021 tentu sangat variatif berdasarkan kondisi mobil tersebut. Jika mobil Ignis bekas dibandrol dengan harga Ignis 2019: Rp 140.000.000, Ignis 2018: Rp. 116.000.000 dan Ignis 2017: Rp 106.000.000.

Penjelasan pad website mobil123.com bahwa harga Ignis GL MT Rp175,5 juta, Ignis GL AGS Rp185,5 juta, Ignis GX MT Rp194,5 juta, dan Ignis GX AGS Rp204,5 juta.

Lebih lanjut, tahun ini Indonesia memberikan insentif alias diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) bagi sebagian kendaraan 1.500 cc ke bawah maupun 1.501-2.500 cc. Namun, konsumen Ignis 2021 tidak bisa banyak berharap karena model satu ini tidak ada dalam daftar penerima insentif dikarenakan Ignis tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif tersebut dikarenakan tidak dirakit pada pasal lokal Indonesia. Mobil Suzuki Ignis ini masih diimpor utuh (Completely Built Up/CBU) dari India bersararkan data Mobil123.com

Berdasarkan data dari Autofun, Ignis memiliki kelebihan dan kekurangan seperti berikut ini:

Kelebihan

1. Desain unik

Mobil Ignis memang wajar dibilang unik, sebab ia adalah satu-satunya Low Hatchback di Indonesia yang desainnya sangat SUV. Setidaknya penggunaan roof rail bisa jadi yang membedakan mobil Ignis dari kompetitornya.

2. Mesin terkenal irit

Dalam sebuah pengujian di tahun 2019, mobil Ignis AGS tercatat mampu menghasilkan kehematan 17,2 km/liter untuk rute dalam kota. Angka tersebut bahkan lebih irit dibanding Honda Brio RS yang sudah menggunakan transmisi otomatis CVT (continuously variable transmission).

3. Ground clearance tertinggi

Kolong Suzuki Ignis Indonesia yang mencapai 180 mm menjadi yang tertinggi di kelasnya. Sebagai gambaran, Honda Brio RS saja hanya 165 mm. Dengan tingginya ground clearance maka  mobil Ignis lebih oke untuk menerabas jalanan yang cenderung jelek.

4. Tersedia tombol start-stop engine

Sebuah fitur yang memudahkan pengoperasian sekaligus simbol kecanggihan ini sudah hadir di Suzuki Ignis facelift 2020. Namun tombol engine start-stop ini hanya bisa didapat jika Anda membeli Ignis varian GX.

5. AC digital

Tak seperti Suzuki Ignis pre-facelift, kini mobil tersebut sudah menggunakan AC digital. Tak ditemukan lagi kenop putar untuk mengatur kesejukan kabin. Bahkan kini AC milik mobil Ignis sudah berfitur Auto Climate, namun fitur ini hanya dimiliki varian GX.


Kekurangan

1. Ukuran ban kurang proporsional

Dengan mengusung identitas sebagai Urban SUV dan ground clearance-nya cukup tinggi, sayangnya keempat ban Suzuki Ignis ukurannya kurang proporsional. Malah bisa dibilang ban berukuran 175/65 dalam lingkar pelek 15 inci miliknya tampak kekecilan.

2. Harganya tak lagi murah

Saat pertama kali meluncur di 2017, yang membuat Ignis banyak diminati salah satunya adalah harganya yang mulai dari Rp 130 jutaan. Sayangnya pada mobil Ignis Suzuki Indonesia facelift 2020 ini harganya terendahnya saja sudah Rp 170 juta, tak bisa lagi ia mengganggu hatchback LCGC. Bahkan pada mobil Ignis facelift ini untuk pertama kalinya varian GX menyentuh angka Rp 200 juta.

3. Bukan buatan Indonesia

Memang, di kelas Low Hatchback tidak didominasi mobil yang dibuat di Indonesia. Termasuk mobil Ignis yang datang secara utuh dari India. Padahal bukan tak mungkin jika dirakit di Indonesia harga Suzuki Ignis Indonesia makin bisa ditekan.

4. Transmisi AGS aneh

Transmisi yang bukan murni otomatik ini terasa tidak sehalus milik mobil dua pedal lainnya. Bahkan pada tuas transmisinya tak ditemukan mode P (Parking) seperti mobil transmisi otomatik pada umumnya. Anda harus membiasakan diri dahulu untuk mengenali karakter mengemudi Ignis AGS.

Demikianlah penjelasan mengenai Ignis 2021, semoga berkenan untuk memberikan masukan pada kolom komentar. Terima kasih.


https://www.autofun.co.id/berita/ketahui-kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-ignis-2200
gambar dari OTO


https://www.autofun.co.id/berita/ketahui-kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-ignis-2200
Gambar dari Autofun

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.