Apa itu NFT Art? - Seni Rupa dan Sejarah

Apa itu NFT Art?

Share:

Pada zaman yang serba bisa seperti sekarang ini tidak lagi menghalangi orang lain untuk mendapatkan penghasilan. Baik penghasilan itu dari hasil kerja di dunia nyata maupun kerja di dunia maya.

Saat ini muncul tren baru dalam dunia seni digital yang menyatukan antara seni itu sendiri dengan kegiatan ekonomi digital yang disebut NFT atau NFT Art.

NFT atau Nonfungible Token adalah aset yang tidak dapat ditukarkan, dengan kata lain tersebut adalah aset unik yang tidak dapat diganti dan diverifikasi menggunakan teknologi blockchain. Aset unik tersebut dapat berupa musik hingga domain situs web, tetapi saat ini orang-orang lebih menyukai karya seni digital. Jadi NFT art adalah penggunaan karya seni digital dengan lisensi sama seperti karya aslinya namun berwujud digital.

Pernyataan lainnya dapat kita lihat dari Warta Ekonomi yang menulis bahwa NFT aset yang dapat dipertukarkan adalah sesuatu dengan unit yang dapat dengan mudah dipertukarkan–contohnya adalah uang, contohnya Anda dapat menukar uang kertas Rp10 ribu dengan dua lembar uang kertas Rp5 ribu dan nilainya sama. Namun, jika sesuatu tidak dapat dipertukarkan, berarti alat ini memiliki sifat unik sehingga tidak dapat dipertukarkan dengan yang lain.

Dalam dunia karya seni digital ini, aset-aset tersebut dapat kita temui di NFT art finance. Seperti yang dijelaskan Warna Ekonomi lebih lanjut bahwa karya seni tradisional seperti lukisan adalah barang yang sangat berharga karena jumlahnya hanya satu. Namun file digital dapat diduplikasi atau digandakan dengan mudah dengan memberikan token sebagai pengganti sertifikat kepemilikan digital yang dapat dibeli dan dijual. Artinya, dengan memiliki token NFT tersebut, Anda dapat memiliki lukisan tersebut sama dengan nilai lukisan aslinya.

NFT art token yang merupakan sertifikat digital wajib dalam pasar seni inilah yang membersamai NFT art coin nantinya. Nah, NFT art coin, apa lagi ini? Menurut situs NFT Art Finance, NFT art coin adalah mata uang bawaan (default) yang digunakan untuk membuat, mengklaim, membeli, dan menjual NFT. Penjelasan lengkapnya dapat Anda baca pada situs NFT website yang berisi banyak informasi mulai dari NFT artwork, NFT art marketplace sampai NFT art.

Oleh karena itu istilah NFT art ini biasa juga diistilahkan crypto art yaitu karya seni digital yang perlakuannya sama seperti karya seni berwujud fisik karena adanya kemampuan untuk melakukan verifikasi atas kepemilikan karya tersebut.

Di Indonesia sendiri, mulai bermunculan NFT Art Indonesia yang menjadi wadah pekerja seni digital untuk measarkan karyanya secara digital baik itu dengan ketentuan NFT Finance atupun NFT Market. 

NFT art, NFT Arts, nft art finance, nft art coin, nft art token, nft art finance token, nft artwork, nft art marketplace, nft art adalah, nft art indonesia, crypto art
gambar disalin dari InAugment

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.