Pensil yang Berkode B Menandakan Pensil - Seni Rupa dan Sejarah

Pensil yang Berkode B Menandakan Pensil

Share:

Pensil pada dasarnya adalah sebuah benda yang digunakan untuk menulis atau menggambar yang berbahan dasar karbon dan kayu.

Pensil dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu pensil yang berkode B, pensil yang berkode H dan pensil yang berkode F.

Pensil yang berkode B menandakan pensil tersebut lunak dan gelap jika digoreskan di atas permukaan kertas atau yang lainnya. Jika pensil yang berkode B semakin besar angka di depan huruf B maka pensil tersebut semakin gelap jika digoreskan, contohnya pensil 8B, maka semakin rendah angkanya maka tingkat kegelapannya juga semakin berkurang. Biasanya pensil jika diurutkan dari pensil yang paling gelap yaitu 8B, 7B, 6B, 5B, 4B, 3B, 2B dan HB.

Pensil yang berkode H artinya hardness atau sangat keras, jadi pensil berkode H sangat cocok digunakan untuk membuat sketsa. Semakin tinggi angka di depan huruf H maka semakin keras pensil tersebut, jika diurutkan menjadi 1H, 2H, 3H, 4H, 5H, dan 6H.

Sedangkan pensil yang berkode F artinya fine point atau titik halus, meskipun sedikit keras namun tidak sekeras pensil H. Pensil berkode F cocok digunakan untuk membuat titik halus ataupun garis yang halus.

pensil yang berkode b menandakan pensil, pensil B, pensil 2B,pensil yang berkode b memiliki sifat,pensil yang berkode b mendapatkan pensil,pensil yang berkode b memiliki arti
gambar disalin dari Ujan Creation


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.