Kegiatan yang Paling Penting dan Mempengaruhi Suasana dalam Pameran Seni Rupa - Seni Rupa dan Sejarah

Kegiatan yang Paling Penting dan Mempengaruhi Suasana dalam Pameran Seni Rupa

Share:

Pameran seni rupa adalah kegiatan yang dilakukan dalam menunjukkan suatu karya secara umum. Menurut Subandi (Dosen UPI Bandung), tujuan diselenggarakannya pameran ada bermacam-macam seperti tujuan sosial, kemanusiaan, dan komersil. Tujuan sosial berarti bahwa kegiatan pameran baik skala luas (di masyarakat) maupun skala terbatas (di sekolah). Karya seni yang dipamerkan dipergunakan untuk kepentingan sosial. Hasil penjualan karya seni yang dipamerkan disumbangkan kepada yayasan yatim piatu, pendidikan anak cacat, dan membantu orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Tujuan komersial pameran berkaitan dengan kegiatan untuk menghasilkan profit atau keuntungan terutama bagi seniman dan penyelenggara penyelenggara pameran. Melalui kegiatan ini seniman dapat menjual karyanya kepada apresiator dan kolektor karya seni. Sedangkan tujuan kemanusiaan kegiatan pameran adalah untuk kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai, dan pengembangan hasil karya seni budaya yang dimiliki oleh masyarakat. 

Di antara cara berpameran yaitu pembentukan panitia, penyiapan karya seni yang akan dipamerkan, menyiapkan ruang pameran dan menata karya seni rupa, mengundang tamu pameran, dan lain sebagainya. Kegiatan yang paling penting dan mempengaruhi suasana dalam pameran seni rupa adalah penataan ruang pameran. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat yang datang menyaksikan pameran mampu menjadi bagian dari pameran tersebut. 

Dalam suatu rangkaian pameran diperlukan katalog. Katalog dalam pameran seni rupa mempunyai fungsi penting sebagai informasi tentang seniman, hasil karya dan kurator dari pameran tersebut, katalog dalam pameran memiliki manfaat lain seperti kenangan setelah acara pameran selesai.

Pameran seni rupa dibedakan menjadi dua jenis yaitu pameran homogen dan pameran heterogen. Pameran homogen yaitu pameran yang memperlihatkan satu jenis karya seni rupa saja seperti menampilkan lukisan saja, menampilkan karya seni patung saja, sedangkan pameran heterogen adalah pameran yang menampilkan bermacam-macam jenis karya seni rupa misalnya lukisan, patung, kriya keramik dalam satu ruangan.

pameran seni rupa yang bertujuan untuk promosi budaya tergolong pameran dengan tujuan,pameran seni rupa berfungsi untuk,pameran seni rupa memiliki fungsi sosial adalah,pameran seni rupa adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk,pameran seni rupa merupakan kegiatan mempertunjukkan karya seni rupa dan juga biasa disebut pameran,pameran seni rupa dibedakan menjadi dua jenis yaitu,pameran seni rupa adalah kegiatan,pameran seni rupa adalah kegiatan penyajian karya yang bertujuan untuk,pameran seni rupa adalah brainly,pameran seni rupa ada tiga sumber sebutkan secara singkat
Pameran Artjog 2020, Gambar disalin dari CASA Indonesia


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.