Batik Dapat Dibuat Seni Murni Menggunakan - Seni Rupa dan Sejarah

Batik Dapat Dibuat Seni Murni Menggunakan

Share:

Batik yang diakui oleh UNESCO sebenarnya adalah batik yang menggunakan teknik tutup celup dan baik yang menggunakan teknik cap, selain hal tersebut itu hanya disebut motif batik bukan batik yang sebenarnya.

Batik dibuat dengan menggunakan lilin yang dilelehkan di atas kompor Astoetik atau kompor kecil yang biasa digunakan utnuk membuat lelehan lilin. Di banyak penjualan online, banyak dijual kompor batik listrik Astoetik dan adapula yang menggunakan minyak seperti kompor biasanya. Selain lilin, diperlukan canting batik dan kain yang biasa digunakan untuk menghasilkan karya batik.

Batik adalah contoh karya seni dua dimensi karena hanya dapat dipandang dari satu arah saja, sama halnya dengan batik yang dibuat pada pakaian termasuk jenis seni rupa dua dimensi.

Batik dapat dibuat seni murni menggunakan bingkai kemudian ditempel di dinding. Selama batik tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maka batik dapat menjadi karya seni rupa murni.

Pada era sekarang ini, tidak hanya dai kalangan orang tua dan anak-anak, batik juga banyak digunakan oleh anak muda. Selain sebagai teknik tutup celup dan cap, batik sudah memiliki banyak jenis seperti batik Bugis, batik Makassar, batik bunga, batik Bali, daln lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca. Semoga berkenan untuk mampir ke blog saya lagi.

batik adalah contoh karya seni,batik makassar,batik yang dibuat pada pakaian termasuk jenis seni rupa,batik yang motifnya dibuat dengan hanya menggunakan tangan disebut
Batik disalin dari Kompas

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.