Seni Lukis Kamasan Berasal Dari - Seni Rupa dan Sejarah

Seni Lukis Kamasan Berasal Dari

Share:

Menurut Wikipedia, Kamasan adalah desa yang berada di kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, provinsi Bali, Indonesia. Kamasan dikenal dalam dunia seni lukis tradisional Bali, karena berbagai lukisan tradisional Bali diilhami dari corak Kamasan, yang terinspirasi dari budaya Jawa.

Jadi seni lukis kamasan berasal dari Bali. Pernyataan lain dari Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra dikutip dari Kompas bahwa lukisan tradisional Kamasan sering dijadikan contoh ketahanan budaya tradisional Bali dalam menghadapi globalisasi dan munculnya bentuk-bentuk seni dan budaya material baru dengan identitas tradisional yang kuat.

Salah satu yang menarik perhatian adalah alm. Ida Bagus Gelgel yang berhasil membawa seni Kamasan mendapatkan penghargaan internasional dari Perancis tahun 1930 karena membawa seni Kamasan ke dunia internasional.

Oleh karena itu seni lukis Kamasan menjadi snagat unik dan terjaga keasliannya karena perpaduan dalam budaya Indonesia itu sendiri. Perlu kita pahami bahwa seni lukis adalah cabang ilmu seni rupa yang memiliki dimensi panjang dan lebar sehingga seni lukis sering pula disebut seni rupa dua dimensi.

  

seni lukis kamasan berasal dari,seni lukis kamasan merupakan karya seni rupa daerah yang terkenal di daerah,seni lukis kamasan bertema tentang kisah,seni lukis kamasan merupakan seni lukis klasik yang bertema,seni lukis kamasan adalah,seni lukis kamasan berasal,seni lukis kamasan biasanya bertema tentang kisah,seni lukis kamasan adalah seni lukis yang terkenal dari daerah,seni lukis kamasan artinya
Gambar berasal dari Ketut Madra

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.