Dua Manfaat dari Laporan Pameran Seni Rupa - Seni Rupa dan Sejarah

Dua Manfaat dari Laporan Pameran Seni Rupa

Share:

Pameran adalah salah satu cara memperkenalkan karya seni rupa yang telah dibuat sekaligus mengundang apresiasi dari masyarakat. Dalam membuat pameran harus dimulai dari perencanaan kepanitiaan, menetapkan tujuan (komersil, sosial, atau tujuan kemanusiaan), menentukan waktu dan tempat, dan tidak kalah penting mengumpulkan karya seni rupa. Selain hal tersebut, katalog karya seni rupa, membuat proposal, membuat undangan pameran serta mempersiapkan acara saat hari pameran juga tidak kalah pentingnya.

Setelah pelaksanaan pameran seni rupa, tentu harus ada pertanggungjawaban dari panitia pelaksana. Pertanggungjawaban ini berupa evaluasi dengan menggunakan laporan pameran seni rupa. Manfaat dari laporan pameran seni rupa ini setidaknya memuat beberapa hal di antaranya: 1) Mengetahui kegiatan-kegiatan yang telah terlaksana, 2) Mengetahui jumlah peserta atau masyarakat yang hadir, 3) Mengetahui jumlah dana yang dikeluarkan, 4) Mengetahui jumlah karya yang terjual jika pamerannya adalah pameran komersil atau peduli kemanusiaan, 5) Mengetahui tingkat apresiasi terhadap karya yang telah dipamerkan, 6) Mengetahui tingkat kepuasan peserta atau masyarakat, 6) mengukur kekurangan dan kelebihan pameran seni rupa yang telah dibuat sebagai pertimbangan untuk pelaksanaan pameran selanjutnya.

Selain manfaat pameran, dilansir dari maxmonroe.com bahwa fungsi pameran seni rupa yaitu:

Fungsi Pameran
Pameran memiliki beberapa fungsi yang didapatkan oleh banyak pihak. Adapun beberapa fungsi pameran adalah sebagai berikut:

Fungsi Edukasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat untuk mendidik dan melatih masyarakat dalam memahami makna keahlian rohani manusia. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu menyeimbangkan ingatan dan pandangan manusia terhadap sekitarnya.

Fungsi Apresiasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media dalam menyampaikan inspirasi para seniman sehingga para pengunjung dapat memberikan apresiasi kepada seniman dan karyanya sehingga mampu melahirkan berbagai tanggapan.

Fungsi Prestasi, yaitu fungsi pameran yang membantu memacu para pencipta seni untuk berprestasi dan menghasilkan suatu karya yang menginspirasi.

Fungsi Rekreasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media untuk relaksasi dan melepaskan diri dari tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras banyak energi dan pikiran.

uraikan dua manfaat dari laporan pameran seni rupa, manfaat laporan pameran seni rupa,manfaat dari laporan pameran seni rupa
gambar disalin dari Home Manchester

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.