Teknik Melukis Cat Air Sebagai Permukaan Kertas adalah - Seni Rupa dan Sejarah

Teknik Melukis Cat Air Sebagai Permukaan Kertas adalah

Share:
Melukis merupakan pekerjaan yang menyenangkan bagi yang menikmatinya. Lukisan yang dihasilkan dapat berupa lukisan representatis atau non representatif. Lukisan refrepsentatif yatitu lukisan yang dapat dirasakan dalam keadaan sebenarnya seperti lukisan aliran realis, naturalis, klasik, dan sebagainya, sedangkan lukisan non representatif adalah lukisan yang tidak merepresentasikan sesuatu seperti lukisan aliran abstrak, suprematisme, dan sejenisnya.

Dalam melukis menggunakan cat air ada dua istilah yang digunakan yaitu teknik plakat dan teknik transparan (aquarel). Teknik plakat sendiri menurut dictio.id adalah teknik melukis yang menggunakan cat air, cat akrilik maupun cat minyak dengan sapuan tebal dan komposisi cat yang kental sehingga memberi kesan yang colorfull pada setiap karya.

Sedangkan teknik aquarel yaitu teknik sapuan kuas di atas media gambar dengan memberikan warna yang encer sehingga permukaan media gambar atau warna di bawahnya tetap terlihat atau transparan. Teknik aquarel sering pula disebut dengan teknik melukis cat air sebagai permukaan kertas. Kebanyakan teknik aquarel digunakan untuk membuat lukisan dari car air, sedangkan teknik plakat digunakan untuk membuat lukisan yang tidak transparan seperti lukisan di tembok atau biasa disebut mural. Teknik melukiskan cat air pada permukaan kertas adalah media yang banyak digunakan oleh para pelukis cat air agar warna yang dihasilkan menjadi tipis dan menarik, karena warna pada cat air akan berkejaran mengikuti air yang disapu di atas permukaan kertas gambar.

teknik melukis cat air sebagai permukaan kertas adalah, teknik cat air, teknik melukis cat air, teknik melukis
gambar disalin dari Pinterest


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.