Seni Rupa yang Tumbuh dari Masa Purbakala Sampai Sekarang dalam Sejarah Lahir dari Lembah-lembah Sungai adalah - Seni Rupa dan Sejarah

Seni Rupa yang Tumbuh dari Masa Purbakala Sampai Sekarang dalam Sejarah Lahir dari Lembah-lembah Sungai adalah

Share:

Peradaban seni yang lahir di Timur tentu sedikit berbeda dengan sejarah seni rupa Barat. Perjalanan Seni rupa Barat banyak mengambil peran di gua-gua Eropa hingga masuk ke peradaban klasik tepatnya di sekitar Yunani.

Berbeda dengan seni rupa Timur yang banyak tumbuh di lembah-lembah dan sungai. Seni rupa yang tumbuh dari masa purbakala sampai sekarang dalam sejarah lahir dari lembah-lembah sungai adalah seni rupa Timur. Mereka hidup di tepi sungai dengan alasan untuk kebutuhan kehidupan, sebutlah misalnya peradaban seni rupa Timur di sungai Nil, Mesir, atau peradaban Mesopotamia di tepi sungai Eufrat dan Tigris.

Kebutuhan arsitektur dibuat menggunakan tanah menandakan kebutuhan air yang besar, itulah sebab lain mengapa seni rupa Timur banyak hidup di lembah sungai. Alasan lainnya karena air adalah sumber kehidupan, siapa yang menguasai air maka akan menguasai kepentingan sekitarnya.

Sekitar 4000 SM, bangsa Sumeria mendiami lembah sungai Eufrat dan Tigris. Kebudayaannya maju seperti Mesir karena bantuan irigasi (bendungan) yang baik. Lama kelamaan datang bangsa Semit (Sam, Syam) dari barat meniru kebudayaan Sumeria kemudian membangun kota Kish, Akkad (Akkadia), Mari dan Babilon di Utara kawasan Mesopotamia.

Di sebelah barat Mesopotamia kemudian berkembang kebudayaan besar. Sebutlah Jericho dan Catal Huyuk. Bagi yg pernah bermain game Wall of Jericho, selamat Anda telah berkontribusi membaca peradaban. Letak Jericho saat ini di perbatasan antara Palestina dan Jordan. Sedangkan Catal Huyuk adalah eksperimen tertua cara manusia membuat peradaban kota. Saat ini Catal Huyuk dapat dijumpai di daratan Anatolia, Turki.

Catal Huyuk adalah susunan bangunan tanpa jalan pemisah antar rumah. Semua bangunan dikendalikan dari dalam. Pintu ke pintu dikendalikan dari dalam. Para ahli sejarah berpendapat, tujuan pembangunan dari dalam untuk membentengi diri dari musuh dan membuat musuh tersesat jika masuk ke dalamnya.

Bangsa Sumeria membuat tulisan paku. Membuat Ziggurat. Karena kepercayaannya dewa-dewa, bangsa Sumeria banyak membuat patung dan yang terkenal yaitu Abu Tell Asmar.

Selain bangsa Mesopotamia, kehidupan bangsa Mesir, Cina, India dan Jepang juga perlu diketahui agar pengetahuan tentang seni rupa TImur semakin lengkap.

Terima kasih.

sejarah seni rupa timur jepang,sejarah seni rupa timur cina,sejarah seni rupa timur mesir,sejarah seni rupa timur india,sejarah seni rupa timur tengah,sejarah seni rupa timur mesopotamia,sejarah seni rupa timur adalah,sejarah seni rupa timur dan manfaatnya,sejarah seni rupa timur dan barat
gambar disalin dari Sejarah

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.