Konsep dan Prosedur Pameran Karya Seni Rupa

Share:

Pameran merupakan hal yang penting ketika karya telah dibuat. Menurut Guru Pendidikan, pameran merupakan suatu kegiatan yang penyajian karya seni rupa dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh banyak masyarakat. Pameran ini juga merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas yang melalui sebuah media karya seni.

Tujuan adanya publikasi pada kegiatan pameran seni rupa yaitu untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa akan diselenggarakan pameran seni rupa pada waktu dan tempat tertentu. Hal tersebut dilakukan agar penyelenggaraan pameran diketahui oleh masyarakat. Dalam pelaksanaan pameran, masyarakat diharapkan menikmati pameran tersebut dan memberikan apresiasi kepada penyelenggara.

Pameran dapat berbayar dan tidak berbayar. Pameran berbayar biasanya untuk kelancaran acara, ada pula pameran berbayar untuk mengumpulkan donasi sosial misalnya untuk korban bencana alam. Selain pameran berbayar, ada juga pameran yang tidak berbayar, yang bermakna masyarakat bebas untuk hadir dalam acara tersebut dan menikmati setiap karya yang ada.

Sebelum memulai pameran, terlebih dahulu kita harus mengetahui konsep dari pameran karya seni rupa itu sendiri. Contoh, misalnya kalian ingin menetapkan bahwa konsep pameran kalian yaitu untuk memamerkan suatu karya seni rupa di bidang pendidikan, maka mulailah untuk melihat tujuan-tujuan pendidikan sehingga pameran nantinya bernilai konsep pendidikan, karena dengan memiliki konsep maka tujuan diselenggarakannya pameran juga akan tercapai seperti bertambahnya wawasan pendidikan, meningkatkan kemauan belajar lebih giat, dan lain-lain.

Sedangkan prosedur pameran karya seni rupa antara lain kalian harus membuat perencanaan kepanitiaan, menetapkan tujuan (komersil, sosial, atau tujuan kemanusiaan), menentukan waktu dan tempat, dan tidak kalah penting mengumpulkan karya seni rupa.

Prosedur pameran lainnya, kalian harus membuat katalog karya seni rupa, membuat proposal, membuat undangan pameran serta mempersiapkan acara saat hari pameran. Nah persiapan acara biasanya cukup padat seperti registrasi, dekorasi, sambutan pembukaan, persembahan acara, alur lalu lintas di dalam lokasi acara (pintu masuk dan keluar), terakhir membuat laporan pameran atau evaluasi pameran.

Demikian ringkasan konsep dan prosedur pameran karya seni rupa yang harus kalian ketahui. Jangan pernah lelah untuk belajar dan jangan lupa tidur untuk menambah stamina.

gambar disalin dari Artnet


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.