Apa itu Kurasi Pameran

Share:

Kurasi yaitu penulisan informasi baik berupa fisik maupun makna yang ada pada suatu karya dan identitas diri seniman. Orang yang melakukan kurasi disebut kurator.

Seorang ahli bernama Janet Wolff mengatakan bahwa kurator adalah seseorang yang melengkapi kajian museum, kurator seperti pemilik galeri, penerbit, distributor, kritikus, dan lain-lain dalam menentukan karya mana yang akan hadir dan dengan cara bagaimana menghadirkannya kepada publik. Sehingga hal tersebut mampu mempengaruhi kerja kurasi dalam penyajian pameran yang mengajak publik memasuki makna wacana yang dihadirkan. 

Sementara Pak Mikke Susanto, seorang dosen di ISI Yogyakarya mengatakan bahwa kurator merupakan pembangun dialog yang menyenyawakan berbagai faktor dalam pameran. Kuratorial sendiri bekerja dengan segala pertimbangan “ruang”, dalam artian menyatukan karya-seniman dengan pasar-media-publik dalam suatu wacana-suasana-tempat pameran. 

Lebih lanjut Pak Mikke mengatakan komponen yang harus ada dalam kurasi meliputi:

  • Konteks budaya, yaitu suatu objek dengan latar belakangnya (sebelum dikurasi)
  • Proses kurasi, ialah suatu keadaan dimana objek mengalami dekontekstualisasi 
  • Analisis perbandingan 
  • Penafsiran atau interpretasi, dimana objek dikontekstualisasikan kembali dalam kaitannya dengan maksud dan tujuan kuratorial. 


kurasi pameran ditulis oleh,kurasi pameran biasanya ditulis oleh,kurasi pameran biasanya dituliskan
gambar disalin dari Amazon

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.