Yang Dimaksud Prinsip Keselarasan dalam Seni Rupa

Share:

Dalam prinsip seni rupa, terdapat satu prinsip yang bernama keselarasan. kata keselarasan dalam bahasa inggris disebut harmony kemudian diserap dalam Bahasa Indonesia menjadi harmoni.

Yang dimaksud prinsip keselarasan dalam seni rupa yaitu penyesuaian unsur-unsur rupa dalam suatu komposisi, atau penyesuaian bagian-bagian komposisi satu sama lainnya dengan keseluruhan wujudnya. 

Keselarasan dapat diartikan juga sebagai keadaan yang berbeda dan bertentangan menjadi keadaan yang serasi. contoh yang sederhana tentang keselarasan adalah motif pada batik. Dalam membuat motif pada batik terdapat komposisi bentuk yang berbeda sama sekali kemudian dipadukan dengan bentuk-bentuk lain sehingga terlihat selaras. Oleh karena itu batik sering disebut sebagai kesatuan yang harmonis atau kesatuan dari berbagai perbedaan.

Jadi keselarasan dapat pula diartikan kesatuan yang berlainan. Nampak berbeda tapi jiak digabungkan dengan bentuk ataupun warna lain kelihatan menyatu atau bersambungan.

gambar disalin dari Coast Collective 

  


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.