Membuat Patung dengan Bahan Batu dan Kayu Dapat Dilakukan dengan Cara - Seni Rupa dan Sejarah

Membuat Patung dengan Bahan Batu dan Kayu Dapat Dilakukan dengan Cara

Share:

Patung adalah karya seni rupa yang memiliki volume yang terbuat dari semen, kayu, logam, batu dan bahan lainnya yang dapat dibentuk. Patung termasuk karya tiga dimensi. Beragamnya jenis bahan yang dapat digunakan untuk mematung sehingga teknik pengerjaannya bervariasi pula. Ada patung yang dibentuk dengan teknik butsir (patung berbahan tanah liat atau semen), teknik pahat dan ukir (patung berbahan kayu atau batu), teknik cor (patung berbahan logam), atau teknik cetak (patung berbahan gips atau fiber).

Bahkan miniatur patung dapat dibuat menggunakan plastisin. Menurut wikipedia, plastisin adalah merek tanah liat pemodelan, yaitu bahan pemodelan mirip dempul yang terbuat dari garam kalsium, petroleum jelly, dan asam alifatik. Plasticine digunakan untuk permainan anak-anak dan sebagai media pemodelan untuk struktur yang lebih formal atau permanen.

Membuat patung dengan bahan batu dan kayu dapat dilakukan dengan cara mengurangi bahan yang disebut memahat atau pahatan. Sejarah patung dilansir dari kompas.com bahwa sebelum abad ke-20, patung dianggap sebagai seni representasional. Di mana telah meniru bentuk-bentuk dalam kehidupan, seperti manusia atau benda mati, seperti permainan, peralatan, dan buku. Sejak pergantian abad ke-20, seni pahat juga mencakup bentuk-bentuk non-representasional. Tetapi baru pada abad ke-20 karya seni tiga dimensi yang non-fungsional, tidak representatif mulai diproduksi. 

Kemendikbud memberikan pengertian lain bahwa seni patung merupakan karya seni rupa berbentuk tiga dimensi yang diciptakan dengan metode substraktif (mengurangi volume) dan metode adiktif (penambahan volume). Di mana menggunakan bahan lunak (tanah liat, gymsum, dan lilin) atau bahan keras (kayu,batu, dab logam).

Patung yang berbentuk tiga dimensi adalah karya seni patung yang memiliki ukuran panjang, lebar, tinggi atau memiliki volume yang dapat dilihat dari segala arah. Karya seni patung termasuk dalam karya seni rupa murni. Karena seni patung lebih mengutamakan fungsi keindahan atau nilai estetisnya.

adpaun teknik membuat patung berdasarkan sumber patung.co.id, ada beberapa macam teknik membuat patung yang harus diketahui, antara lain:

1. Teknik cor. teknik ini menggunakan cetakan dengan menggunakan bahan isian material seperti semen dan logam cair

2. Teknik assembling. teknik ini menggunakan cara menyambung material patung

3. Teknik cetak. seperti teknik cor, yang harus dipersiapkan adalah cetakan, baik itu cetak datar, cetak tinggi, cetak dalam ataupun cetak saring

4. Teknik las. Yaitu teknik membuat patung dengan menggunakan las dengan bahan dasar besi atau tembaga.

5. Teknik butsir, teknik ini untuk menambah dan mengurangi bahan yang umumnya menggunakan tanah liat.

6.  Teknik pahat, teknik ini digunakan dengan cara mengurangi bahan sedikit demi sedikit menggunakan alat pahat.

gambar disalin dari alatpenterjemah


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.