Karya Seni Rupa yang Dibuat dengan Potongan-potongan Lalu Ditempel Kembali Disebut - Seni Rupa dan Sejarah

Karya Seni Rupa yang Dibuat dengan Potongan-potongan Lalu Ditempel Kembali Disebut

Share:

Karya seni rupa tempel merupakan karya yang sangat menarik bagi peserta didik khususnya sekolah dasar dan menengah pertama. Selain mudah dibuat, bahan yang digunakan relatif murah.

Karya seni rupa yang dibuat dengan potongan-potongan lalu ditempel kembali disebut mozaik. Dalam membuat Mozaik yaitu menggabungkan material (bahan) sejenis untuk menghasilkan bidang baru. Pada umumnya mozaik yang dibuat memiliki banyak warna. Contoh materialnya adalah pecahan kulit telur, pecahan kaca, dan sebagainya. Warna yang dihasilkan dari karya mozaik ini tergantung dari ide anda. Warna bisa dihasilkan dari warna alami pecahan material dan bisa juga dihasilkan dengan menambahkan warna buatan seperti cat akrilik, cat minyak, cat poster dan sebagainya.

Selain mozaik ada pula seni rupa tempel lainnya yang disebut kolase. Kolase sendiri biasanya terbuat dari kacang-kacangan, tempel menempel kertas koran dan sebagainya. Pada dewasa ini, kolase tidak hanya menjadi primadona untuk ekspresi anak-anak, di tingkat pendidikan tinggi bahkan pada pameran-pameran juga telah banyak diangkat teknik kolase.

Di era penggunaan teknologi seperti sekarang, muncul seni tempel lainnya yang disebut montase. Montase yaitu menempelkan gambar yang sudah jadi untuk membuat gambar baru yang punya makna tertentu. Contoh montase adalah gabungan gambar yang diedit menggunakan aplikasi digital Adobe Photoshop. Aplikasi tersebut memungkinkan dua gambar yang berbeda disatukan dalam bingkai.

gambar disalin dari amazon


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.