Gaya atau Aliran Seni Rupa yang Penggambarannya Sesuai dengan Kenyataan Hidup adalah - Seni Rupa dan Sejarah

Gaya atau Aliran Seni Rupa yang Penggambarannya Sesuai dengan Kenyataan Hidup adalah

Share:

Corak, gaya atau aliran seni rupa mulai berkembang pesat pada abad ke 19 namun pada abad-abad sebelumnya juga telah berkembang beberapa aliran seni rupa seperti romantisme, neo klasik, klasikisme dan lain sebagainya. Gaya atau aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup adalah realisme.

Realisme yaitu corak karya yang dihasilkan oleh penganut aliran Realisme yang memandang dunia sebagai sesuatu yang nyata (tanpa ilusi). Penganut aliran ini ingin  menciptakan hasil seni yang nyata dan menggambarkan sesuatu yang benar-benar ada dan kasat mata. Mereka berupaya menemukan dunia melalui penghayatannya terhadap kenyataan.

Seorang pelukis perancis penganut aliran ini, Courbert berungkap bahwa, “Tunjukkalah malaikat padaku dan aku akan melukisnya”. Ungkapan itu bermakna bahwa ia tidak akan melukiskan sesuatu bila sesuatu itu tidak nyata. Oleh karena itu aliran atau gaya Realisme tidak menampilkan sesuatu jika tidak sesuai dengan kenyataan. Namun, bila dijejaki karya-karya dari tokoh utamanya, tampak bahwa Realisme cenderung melukiskan kenyataan yang menggambarkan sisi getir dari kehidupan manusia dengan maksud menggugah kesadaran, sehingga biasa dimaknai sebagai bentuk perjuangan moral.

gambar disalin dari wikimedia


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.