Bahasa Universal yang Sudah Dikenal Jauh Sebelum Manusia Mengenal Tulisan Adalah - Seni Rupa dan Sejarah

Bahasa Universal yang Sudah Dikenal Jauh Sebelum Manusia Mengenal Tulisan Adalah

Share:

Sejak dahulu manusia prasejarah menetap di gua untuk melindungi diri dari dingin dan serangan dari binatang buas. anusia prasejarah mempersiapkan cara untuk berburu binatang di dalam gua, bukti tersebut dapat kita lihat dari banyaknya lukisan yang ditemukan di dinding-dinding gua, sebutlah misalnya di gua Altamira, Spanyol dan Lascaux di Perancis. Baru-baru ini juga ditemukan gambar manusia prasejarah di dinding tebing hutan Amazon Brazil yang panjangnya sampai 8 mil.

Uraian di atas menunjukkan bahwa bahasa universal yang sudah dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan adalah gambar. Selain manusia prasejarah, peradaban mesir 3200 SM juga menunjukkan hal yang sama bahwa gambar-gambar di dinding-dinding bangunan dimaksudnya untuk berkomunikasi. Selain komunikasi kepada para sesama, gambar tersebut digunakan sebagai alat komunikasi dengan alam gaib.

Uniknya bahasa universal berupa gambar ini bertransformasi menjadi simbol dan aneka turunannya seperti huruf yang kita kenal sekarang.

gambar disalin dari BoredPanda

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.