Hasil Karya yang Membutuhkan Keterampilan Tangan Tinggi dalam Proses Pembuatannya adalah Cabang Seni

Share:

Sejak manusia mulai menyadari bahwa tangan yang diciptakan oleh Tuhan dapat membuatnya membuat berbagai macam alat dan benda pakai dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai alat dan benda pakai, di dalam diri setiap manusia selalu muncul rasa keindahan yang membuatnya terus berkreasi. Kreasi tersebut dapat dimunculkan melalui salah satu cabang ilmu yang disebut seni, namun untuk membuat sesuatu yang sifatnya benda seni maka lahirlah cabang ilmu yang disebut seni rupa.

Di dalam seni rupa digolongkan dua kelompok besar mengenai fungsi seni rupa, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni yang dapat dinikmati seperti lukisan, sedangkan seni rupa terapan adalah hasil karya seni rupa yang dapat dipakai seperti gelas, kursi, meja dan lain-lain. Hasil karya yang membutuhkan keterampilan tangan tinggi dalam proses pembuatannya adalah cabang seni kriya. Pengertian kriya yaitu keterampilan tangan. Jadi segala hal yang sifanya mendatangkan keindahan dari buah tangan manusia disebut seni kriya. Dalam bahasa inggris, seni kriya menggunakan kata craft.

Gambar disalin dari My Kids Time


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.