Suatu Bentuk Dasar dari Hiasan yang pada Umumnya Dijadikan Pola Secara Berulang-ulang pada Suatu Hasil Karya Seni atau Kerajinan disebut

Share:

Biasanya perupa atau seniman menggunakan motif sebagai penghias dalam karyanya. Hal ini perlu diketahui agar menambah nilai estetis dalam suatu karya. Bentuk atau pola hias ini umumnya memiliki fungsi etstetis atau keindahan. Suatu bentuk dasar dari hiasan yang pada umumnya dijadikan pola secara berulang-ulang pada suatu hasil karya seni atau kerajinan disebut ragam hias. Dalam pengertian lain, Menurut wikipedia, ragam hias atau motif adalah bentuk dasar hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi pola dalam suatu karya kerajinan atau kesenian. Ragam hias dapat dihasilkan dari proses menggambar, memahat, mencetak dsb. untuk meningkatkan mutu dan nilai pada suatu benda atau karya seni.

Adapun jenis ragam hias dapat kita golongkan menjadimotif bentuk alami, motof berbentuk stilasi dan stilasi.

1. Motif bentuk alami
Prinsip dasarnya mengambil dari bentuk lingkungan sekitar atau dari alam, contohnya bentuk flora dan fauna.


2. Motif berbentuk stilasi

Bentuk stilasi adalah hasil gubahan dari bentuk alami sehingga hanya berupa sarinya (esensinya) saja dan menjadi bentuk baru yang kadang-kadang hampir kehilangan ciri-ciri alaminya sama sekali.

3. Stilasi

Gambar yang dibuat dengan cara mengubah atau menyederhanakan bentuk aslinya menjadi gambar yang dikehendaki. Contohnya Hampir sama dengan gambar di atas.

1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.