Kehadiran Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia Telah Terjadi Sejak

Share:

Para pakar mengatakan prasejarah artinya belum mengenal tulisan. Terkhusus pada yang saya bahas, prasejarah yang dimaksud yaitu belum mengenal tulisan di tempat itu. Karena setiap tempat berbeda-beda akhir prasejarahnya. Tidak bisa kita sapu bersih prasejarah itu sama zamannya. kehadiran seni rupa dalam kehidupan manusia telah terjadi sejak zaman purba atau prasejarah.

Manusia purba membuat ritual sebelum berburu. caranya dengan melukis binatang tersebut di dinding-dinding gua dibuat semirip mungkin dengan binatangnya agar mereka benar-benar mendapatkan binatang seperti lukisan yang dibuat. Ketika lukisan selesai, ritual kemudian dimulai. Mereka mengambil tombak. Ditusuk-tusuklah lukisan binatang tadi. Harapan mereka, membuatnya semirip mungkin dgn binatang aslinya kemudian menusuk lukisannya, sama dengan kenyataan di lapangan ketika berburu nantinya. Itulah sebabnya lukisan mereka mirip-mirip dengan aslinya. Sebaliknya, kalau mereka melukis manusia malah hanya digambarkan sebagai tongkat-tongkat berjalan. Harapan mereka agar tidak terkena ritual.

Gambar disalin dari Tracy Cooper-Posey


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.