Ciri-Ciri yang Paling Mendasar dari Lukisan Aliran Kubisme yaitu

Share:

Paul Cezanne memberikan gambaran tentang obyek lukisan yang dapat dikembalikan ke bentuk-bentuk dasar. Ciri-ciri yang paling mendasar dari lukisan aliran kubisme yaitu silinder, kerucut, bola. Kubisme pertama kali diformulasikan pada sekitar 1908 oleh Pablo Picasso dan Braque.  Kubisme, merupakan corak karya seni rupa yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam berbagai bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Karya bercorak Kubisme menampilkan objek terkesan dipecah-pecah, dianalisis, dan diatur kembali sehingga objek tersebut seolah-olah tampak dari berbagai sudut pandang untuk menjelaskan objek yang digambarkan dalam konteks yang lebih besar. Permukaan yang digambarkan kadangkala bersilangan dalam sudut acak sehingga mengaburkan kedalaman. Latar dan objek terkesan saling menembus untuk membentuk ruang membingungkan yang menjadi salah satu karakteristik khusus dari Kubisme.

Kubisme pertama kali diformulasikan pada sekitar 1908 oleh Pablo Picasso dan Braque. Periode pertama dari Kubisme berupa Kubisme Analitis yang dicapai dengan menyederhanakan obyek-obyek ke dalam bentuk geometris dasar sementara melihat obyek-obyek tersebut dari berbagai sisi secara bersamaan.  Perupa Kubisme bekerja secara berhati-hati dan penuh perhitungan. Atas dasar ini dapatlah dikatakan bahwa Kubisme berseberangan dengan fauvisme yang mengutamakan goresan bebas yang spontan. Periode kedua dari Kubisme berupa Kubisme Sintetis yang diperoleh melaui rekonstruksi imajinatif (menyusun kembali secara bebas)dari obyek-obyek alam. Biasanya dengan menggunakan teknik kolase.

Gambar disalin dari Widewalls

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.