Tema-tema dalam Berkarya Seni Rupa

Share:
Tema yaitu ide atau gagasan seseorang, jika dikaitkan dengan karya seni rupa, maka tema yaitu ide atau gagasan seorang seniman dalam berkarya seni rupa.

Adapuntema-tema dalam berkarya seni rupa yang dimaksud sesuai penjelasan dari forum tanya-jawab brainly, adalah sbb:

1. Hubungan antara manusia dengan dirinya sendiri, dimana objek yang dibuatnya adalah dirinya sendiri seperti Affandi yang menjadikan dirinya sendiri sebagai objek lukisan berjudul "Potret Diri"

2. Hubungan antara manusia dengan dirinya dengan orang lain, dimana objek yang dibuatnya adalah irang-orang yang ada di sekitar seperti orang tua, teman, sahabat, pasangan atau orang lainnya.

3. Hubungan antara manusia dengan dirinya dengan alam sekitar, dimana objeknya berupa alam seperti pemandangan, gunung, sawah-sawah, binatang dan perkampungan

4. Hubungan antara manusia dengan dirinya dengan benda, dimana objeknya berupa benda yang berbentuk silindris, kubistis atau bebas seperti cangkir, telo, kursi dan lain sebagainya

5. Hubungan antara manusia dengan dirinya dengan kegiatannya, dimana objeknya berupa kegiatan dalam kehidupan sehari-hari seperti menari, menyapu, membajak sawah dan lain sebagainya

6. Hubungan antara manusia dengan dirinya dengan alam khayal, dimana objeknya berupa sesuatu yang tidak kita jumpai di alam nyata karena merupakan imajinasi atau khayalan semata.

Di lain alasan, tema tersebut bisa saja singkat seperti harapan, perasaan, keinginan, pikiran, kekuatan, lingkungan, ekonomi, politik, dsb.

gambar disalin dari The Arty Teacher

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.