Teknik Pilin dalam Pembuatan Karya Seni Rupa Berbahan Tanah Liat Disebut Juga

Share:
Pada pelajaran seni budaya di sekolah menengah terdapat materi berkarya 3 dimensi dengan bahan dasar tanah liat. Biasanya karya dimensi berbahan dasar tanah liat dibuat menjadi karya patung, keramik ataupun cetakan topeng. Patung dibuat dengan teknik yang cukup rumit dan memerlukan teknik bagi pembuatnya. Sang pematung perlu untuk terlebih dahulu membuat model patung dalam ukuran yang lebih kecil dengan bahan tanah liat atau bahan lainnya sebagai referensi  serta membuat perhitungan yang cermat berkenan dengan bahan dan alat yang diperlukan, jadwal pekerjaan, tenaga kerja, serta pembiayaan.

Ada beberapa teknik dalam membuat karya seni rupa yang berbahan tanah liat, diantaranya teknik teknik butsir dan teknik pilin. Teknik butsir adalah teknik untuk menambah dan mengurangi bahan yang umumnya menggunakan tanah liat dengan cara mencongkel atau menempel tanah liat. Sedangkan teknik pilin yaitu teknik mengolah tanah liat dengan membuatnya panjang seperti tali. Teknik pilin dalam pembuatan karya seni rupa berbahan tanah liat disebut juga teknik coiling.

gambar disalin dari pinterest

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.