Pengertian Tema dan Fungsi dalam Karya Seni Rupa Tiga Dimensi dan Contohnya

Share:
Karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang dapat dilihat dari berbagai arah, memiliki panjang, tinggi, lebar serta volume (isi). Dalam berkarya seni rupa tiga dimensi, pada umumnya seniman mencari tema berkarya yang berhubungan dengan diri seniman ataupun dari luar dirinya. Tema berkarya dari dalam diri sang seniman tersebut didapatkan dengan melihat kondisi perasaan (emosi), harapan, hayalan ataupun nalar yang ada pada diri seniman. Sedangkan tema yang berada pada luar diri seniman didapatkannya dengan melihat keadaan sosial, politik, ekonomi, maupun alam sekitar.

Pengertian tema dan fungsi dalam karya seni rupa tiga dimensi dan contohnya menjadi pertanyaan yang banyak dicari. Nah, pertanyaannya apa itu tema? Tema yaitu ide atau gagasan seseorang, jika dikaitkan dengan karya seni rupa tiga dimensi, maka tema yaitu ide atau gagasan seorang seniman dalam berkarya seni rupa tiga dimensi. Jadi tema dapat berupa tema alam, tema tokoh politik, tema agama, tema sejarah, tema kemiskinan, tema harapan, tema perasaan, dan lain sebagainya. Sedangkan fungsi karya seni rupa tiga dimensi bagi seniman atau perupa yaitu media berekspresi, baik itu nalar maupun perasaan, lebih lanjut fungsi karya seni rupa tiga dimensi bagi masyarakat yaitu untuk dilihat keindahan serta dinilai maksud penciptaannya oleh sang seniman/perupa. 

Contoh karya seni rupa tiga dimensi adalah patung. Mari kita ambil contoh patung Jenderal Sudirman, tema karyanya adalah pahlawan, sedangkan fungsi patung tersebut untuk dilihat kehebatan pembuatannya serta dikenang sebagai orang yang berjasa di tanah air.

gambar disalin dari Merdeka

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.