Pengertian Gambar Ilustrasi yang Tepat adalah

Share:
Pengertian gambar ilustrasi yang tepat adalah gambar yang bercerita. Pengertian ini dapat meliputi gambar-gambar di dinding gua yang dibuat pada zaman prasejarah hingga gambar komik yang dibuat saat ini. Pengertian yang lebih sempit, ilustrasi adalah gambar yang secara khusus dibuat untuk menyertai teks seperti pada buku atau iklan untuk menguatkan pengaruh teks tersebut. Akan tetapi, perkembangan dunia ilustrasi yang semakin luas dewasa ini menyebabkannya sulit lagi dibuatkan definisi yang dapat mencakup seluruh jenis ilustrasi yang ada. Ilustrasi tidak lagi hanya berupa gambar yang dibuat untuk menyertai teks.

Berdasarkan makna luas ilustrasi, karya ilustrasi dapat digolongkan atas beberapa jenis, di antaranya ilustrasi karya iptek, ilustrasi cerita, ilustrasi adegan, ilustrasi kartoon, dan ilustrasi karikatur.

Ilustrasi karya iptek, yaitu gambar ilustrasi yang dibuat untuk menjelaskan ilmu pengetahuan. Gambar ilustrasi jenis ini banyak terdapat pada buku ilmu pengetahuan.
gambar disalin dari art of per

Ilustrasi cerita
, yaitu gambar ilustrasi yang mengandung suatu cerita. Ilustrasi jenis ini menyerupai gambar kartun, namun lebih menekankan penggambaran cerita sehingga biasanya terdiri atas beberapa gambar yang saling berhubungan menunjukkan sebuah alur cerita.
gambar disalin dari artstation

Ilustrasi adegan, yaitu gambar ilustrasi yang menunjukkan suatu peristiwa atau adegan yang biasanya terkesan sangat dramatis.
gambar disalin dari Mega

Ilustrasi Kartun, yaitu gambar adegan, peristiwa, atau perilaku yang mengundang selera humor atau lucu. Istilah kartun berasal dari bahasa latin, “cartoone” yang berarti gambar lucu. Dalam perkembangannnya, kartun kemudian menjadi beberapa kategori seperti political cartoon dan gag cartoon. Di Indonesia, pengertian istilah kartun sering dikacaukan dengan pengertian istilah karikatur. Kartun adalah sebuah gambar yang lebih menonjolkan kelucuan pada aspek tindakan/perbuatan, omongan, atau sebuah keadaan. Oleh karena itu, kartun biasa disebut “comedy of manners” (komedi tingkah laku). Jadi, kartun lebih mengarah kepada kisah, sedangkan karikatur lebih menekankan bentuk.
gambar disalin dari Youtube

Ilustrasi Karikatur
, yaitu gambar yang menampilkan suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Biasanya objek yang digambarkan adalah manusia (terutama wajah) dengan karakter yang dilebih-lebihkan sehingga terkesan lucu bagi pihak yang mengenal objek tersebut. Gambar karikatur biasanya dibuat untuk mengungkapkan situasi sosial, tokoh terkenal, atau berbagai fenomena kebudayaan secara kritis dan biasanya untuk menyindir situasi sosial yang sedang berlangsung. Gambar karikatur dibedakan dengan gambar kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial.
gambar disalin dari Montreal

--Dari draft pengetahun dasar seni rupa

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.