Pelukis yang Bernama Vincent Van Gogh Menganut Aliran

Share:
Ekpresionisme merupakan corak karya seni rupa yang diciptakan berdasarkan konsep bahwa seni rupa itu adalah “jiwa yang tampak “ dari penciptanya. Bagi perupa yang menganut pandangan ini,  perasaan estetik tidak hanya berdasarkan indera penglihatan, namun juga berdasarkan pengalaman batin. Mereka melukiskan objek yang mengesankan dengan perasaan menggejolak dari sudut pandang yang subyektif. Lahirlah karya-karya yang menggugah emosi atau ide. Istilah ekspresionisme sesungguhnya dipersoalkan oleh pengamat oleh karena bagaimanapun juga setiap karya seni rupa merupakan “ekspresi” dari penciptanya.

Sebagai sebuah gerakan ekspresionisme mengacu pada karya-karya yang diciptakan di awal Abad ke-20 yang bercirikan goresan yang spontan dan bergelora, pelukis yang bernama Vincent Van Gogh menganut aliran Ekspresionisme sebagaimana terlihat pada karyanya starry night, selain Vang Gogh Edward Munch juga merupakan tokoh ekspresionisme.Tokoh ekspresionisme di Indonesia antara lain Affandi, S. Sudjojono, dan Kartika (putri Affandi).

gambar disalin dari pinterest

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.