Manfaat yang Terdapat pada Keindahan dalam Karya Seni Rupa

Share:

Selain sebagai bahan kajian, estetika adalah kata yang diartikan oleh kebanyakan orang sebagai keindahan. Pada prinsipnya estetika adalah ilmu yang mempelajari keindahan, baik itu keindahan karya maupun cara pandang pembuat dan pembuatan karya.

Pada karya seni rupa, keindahan juga tidak lepas dari perbincangan, baik itu perbincangan manfaat karya maupun perbincangan seputar sebab karya tersebut harus lahir. Manfaat yang terdapat pada keindahan dalam karya seni rupa dapat kita lihat dari uraian di bawah ini menurut situs Maxmonroe:

  1. Menambah pengetahuan manusia mengenai nilai kesenian dan keindahan.
  2. Menambah pengetahuan manusia tentang unsur seni dan keindahan, dan beragam faktor yang memengaruhinya.
  3. Menambah pengetahuan manusia tentang unsur yang subjektif yang memengaruhi kemampuan manusia dalam menikmati seni dan keindahan.
  4. Meningkatkan rasa cinta dan apresiasi manusia pada alam, seni, dan budaya bangsa.
  5. Menambah kemampuan manusia dalam menilai karya seni sehingga hal itu akan mengembangkan apresiasi dari seni tersebut.
  6. Meningkatkan kewaspadaan pada pengaruh buruk yang bisa merusak seni serta budaya lokal.
  7. Memperkokoh keyakinan manusia akan moralitas, keprimanusiaan, kesusilaan dan juga ketuhanan.
  8. Meningkatkan kemampuan manusia dalam berpikir dengan cara yang sistematis, dan menambah wawasan sebagai bekal untuk kehidupan spritual dan psikologis sehingga bisa memecahkan masalah dengan baik.
gambar disalin dari Artsy


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.