Keindahan Terlihat dari Objek yang Dilihat adalah Pandangan dari Teori

Share:

Estetika adalah ilmu yang mempelajari tentang keindahan, baik itu keindahan secara obyektif maupun keindahan subyektif.

Keindahan terlihat dari objek yang dilihat adalah pandangan dari teori obyektif, sedangkan keindahan yang muncul dari dalam diri adalah pandangan dari teori subyektif.

Pengalaman estetis dalam seni rupa dapat terbentuk dengan syarat kebutuhan pokok telah terpenuhi dan perlunya ada waktu luang. Seseorang harus melihat karya dan alam sekitar dengan melenyapkan perbedaan antara subjek dan objek (alam).

Nilai estetis juga dapat terbentuk berdasarkan pengalaman inderawi seseorang dan yang paling utama nilai estetis tak dapat ditularkan secara langsung tetapi berkembang dalam diri setiap orang. Penilaian karya seni rupa dengan ukuran obyektif yaitu penilaian karya seni rupa dengan melihat keadaan sebenarnya atau berdasarkan kenyataan. Penilaian tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan ide dan bentuk karya kemudian melakukan penilaian berdasarkan aspek penilaian karya seni rupa.

Adapun aspek penilaian karya tersebut:

1. Ide atau gagasan

2. Kegunaan

3. Penguasaan teknis

4. Penguasaan bahan

gambar disalin dari Multipendidikan


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.