Empat Tujuan Diselenggarakannya Pameran Seni Rupa Berdasarkan Pendapat

Share:

 Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.

Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun dalam Maxmonroe.com menulis pengertian pameran:
Menurut Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun, pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.

Empat tujuan diselenggarakannya pameran Seni Rupa berdasarkan pendapat Agus Cahyono dalam buku Pameran dan Pergelaran yaitu untuk memenuhi tujuan sosial, tujuan komersial, dan tujuan kemanusian.

Menurut Subandi, tujuan sosial berarti bahwa kegiatan pameran baik skala luas (di masyarakat) maupun skala terbatas (di sekolah). Karya seni yang dipamerkan dipergunakan untuk kepentingan sosial. Hasil penjualan karya seni yang dipamerkan disumbangkan kepada yayasan yatim piatu, pendidikan anak cacat, dan membantu orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Tujuan komersial pameran berkaitan dengan kegiatan untuk menghasilkan profit atau keuntungan terutama bagi seniman dan penyelenggara penyelenggara pameran. Melalui kegiatan ini seniman dapat menjual karyanya kepada apresiator dan kolektor karya seni. Sedangkan tujuan kemanusiaan kegiatan pameran adalah untuk kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai, dan pengembangan hasil karya seni budaya yang dimiliki oleh masyarakat.

Selain tujuan terdapat fungsi pameran, dilansir dari Maxmonroe bahwa fungsi pameran seni rupa yaitu:

Fungsi Pameran
Pameran memiliki beberapa fungsi yang didapatkan oleh banyak pihak. Adapun beberapa fungsi pameran adalah sebagai berikut:

Fungsi Edukasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat untuk mendidik dan melatih masyarakat dalam memahami makna keahlian rohani manusia. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu menyeimbangkan ingatan dan pandangan manusia terhadap sekitarnya.

Fungsi Apresiasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media dalam menyampaikan inspirasi para seniman sehingga para pengunjung dapat memberikan apresiasi kepada seniman dan karyanya sehingga mampu melahirkan berbagai tanggapan.

Fungsi Prestasi, yaitu fungsi pameran yang membantu memacu para pencipta seni untuk berprestasi dan menghasilkan suatu karya yang menginspirasi.

Fungsi Rekreasi, yaitu fungsi pameran yang bermanfaat sebagai media untuk relaksasi dan melepaskan diri dari tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras banyak energi dan pikiran.

gambar disalin dari Tribun JogJa


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.