Aktivitas Menggambar yang Digunakan Model Sebagai Objek Gambar Disebut

Share:
Menggambar model merupakan kegiatan menggambar dimana kita membutuhkan objek untuk dilihat baru dituangkan ke dalam bentuk gambar. Kita akan mempelajari gambar model dengan objek alam benda yang biasa disebut dengan gambar bentuk, dilakukan dengan cara mengamati langsung objek gambar sehingga dapat diketahui struktur bentuk dan bidang gambarnya.

Menggambar model (alam benda) menuntut ketepatan bentuk dan karakter objek yang akan digambar. Model gambar sebaiknya diletakkan sesuai dengan jarak pengamatan mata kita. Model diletakkan tidak terlalu jauh dari pandangan agar kita bisa mengamati detail dari setiap objek yang digambar.

Dalam menggambar, dapat menggunakan bidang gambar berupa kertas atau kanvas. Alat dan bahan yang digunakan adalah pensil, charcoal (arang), pensil warna, krayon, cat air, cat akrilik, dan cat minyak. Berbeda dengan gambar ilustrasi, gambar model lebih bersifat nyata dan bersifat apa adanya tanpa ada unsur-unsur yang dibuat-buat sesuai dengan model objek yang akan digambar. Perbedaan yang mendasar terlihat pada prinsip yang dimilikinya. Jika pada gambar ilustrasi, prinsip dasarnya bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi, dimana tujuan utamanya adalah untuk memperkuat, memperjelas, memperindah, dan mempertegas cerita.

Dalam pelaksanaan pembelajaran menggambar di perguruan tinggi, menggambar benda lebih banyak disebut menggambar bentuk, sedangkan menggambar manusia dengan langsung disebut menggambar model.

Aktivitas menggambar yang digunakan model sebagai objek gambar disebut gambar model. Namun pada beberapa kesempatan ada pula yang menyebutnya gambar ilustrasi.

--beberapa paragraf disalin dari penjelasan eko Ramdi Fauzi dari blog Sumber Belajar Kemendikbud 

gambar disalin dari invaluable

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.