4 Jenis Media dan Alat untuk Melukis

Share:
Seni lukis adalah jenis karya seni rupa dua dimensi yang pada mulanya dikenal sebagai karya yang menggambarkan objek dalam bidang/kanvas dengan menggunakan pewarna melalui dominasi sapuan kuas. Dalam perkembangannya, teknik seni lukis semakin berkembang pula.

Dewasa ini, karya seni lukis banyak yang dihasilkan dengan tidak didominasi oleh sapuan kuas, tetapi dengan menggunakan pisau palet, sapuan jari, semprotan, atau dengan cara lainnya, serta kadangkala ada yang hanya hitam-putih.

4 jenis media dan alat untuk melukis antara lain:

Media: 
1. Kanvas, yaitu media kain yang diberi baluran cat putih. Pada umumnya kanvas sangat populer untuk melukis.
2. Kaca, di masa lalu khususnya masa renainsans kaca telah digunakan untuk melukis. Hal tersebut terjadi semenjak berkurangnya dinding tembok yang biasa digunakan untuk melukis pada masa itu.
3. Tembok, seni lukis tembok pada masa sekarang biasa disebut mural, namun di masa lalu seni lukis tembok ini disebut fresco.
4. Kertas, yaitu media yang sangat populer dan murah untuk melukis. Biasanya kertas digunakan untuk melukis menggunakan cat air, pensil warna, pastel ataupun krayon.

Alat:
Alat yaitu sesuatu yang tidak habis pakai, maksudnya sehabis kamu menggunakannya nilainya tidak berkurang dan cenderung bisa digunakan kembali dalam waktu yang relatif lama. Berikut alat yang dimaksud:

1. Kuas, yaitu alat berbentuk panjang yang ujungnya terdapat bulu halus untuk menggores. 
2. Palet, yaitu wadah menyimpan warna cat
3. Easel, yaitu penyangga kanvas. Biasanya terbuat dari kayu dan sejenisnya.
4. Pisau palet, khusus untuk membuat lukisan ekspresionisme maka pisau palet adalah salah satu barang wajib ada karena membuat warna menjaditertata baik di atas kanvas.


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.