Seni Rupa Islam Berkembang Mencapai Puncaknya di India

Share:
India dipisahkan dengan daerah lain oleh pegunungan dan laut. Sebelah Utara terdapat pegunungan Himalaya, Timur pegunungan Pat Koi, Barat terdapat pegunungan yang terjal & bagian Selatan terdapat lautan.

Menurut penelusuran dari forum Brainly, Seni rupa pengaruh Islam berkembang mencapai puncaknya di India pada masa pemerintahan Dinasti Mughal, terutama masa Shah Jahan / Syah Jehan (1627 – 1658 M). India berada dalam masa pengaruh Islam sejak berdirinya kesultanan Delhi (1206-1526) dan kemudian mengalami masa kejayaan setelah berdirinya Dinasti Mughal pada tahun 1526.

Menurut Agung Sasongko dalam RepublikaKerajaan Mughal yang bercorak Islam mampu membangkitkan semangat umat Islam di India. Jika pada dinasti-dinasti sebelumnya Islam belum menemukan kejayaannya, kerajaan ini justru bersinar dan berjaya. Keberadaan kerajaan ini dalam periodisasi sejarah Islam dikenal sebagai masa kejayaan kedua setelah kejayaan Dinasti Abbasiyah. Dinasti Mughal adalah dinasti yang merunut silsilahnya dari bangsa Mongol dan Turki yang masuk Islam, dan didirikan setelah kemenangan Zahiruddin Babur atas kesultanan Delhi. Pada amsa kejayaannya, dinasti ini menguasai India utara, Bangladesh, Pakistan dan Afghanistan.
gambar disalin dari Ancient Origins

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.