Seni Rupa Daerah Sering Disebut Seni Rupa Tradisional

Share:
Setiap karya seni rupa di berbagai daerah memiliki keunikan tersendiri. Seni rupa sendiri adalah ekspresi estetik hasil karya manusia.

Seni rupa daerah memiliki ciri-ciri:

  1. Bersifat kedaerahan. Karya seni rupa tersebut muncul dari kondisi daerah masing-masing. 
  2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah. Misalnya karya seni rupa daerah mengandung simbol-simbol dan bermakna. Seni rupa daerah seringkali digunakan untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari. Seni rupa daerah dibuat dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.
  3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.
Seni rupa tradisional adalah “segala bentuk ekspresi pengalaman estetis yang dilakukan secara sadar oleh manusia melalui media titik, garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang yang dilakukan turun-temurun dari generasi ke generasi hingga masa kini. Jadi, istilah “tradisional” berarti bersifat turun-temurun. Ada yang menjelaskan bahwa pengertian turun-temurun apabila lebih dari tiga generasi.

Bila istilah seni rupa dengan pengertian tersebut di atas dihubungkan dengan istilah tradisional (seni rupa tradisional) berarti segala bentuk ekspresi pengalaman estetis yang dilakukan secara sadar oleh manusia melalui media titik, garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang, yang bersifat turun-temurun dari generasi ke generasi. Pengertian ini memberikan pemahaman bahwa batasan tradisional pada suatu karya seni rupa melekat pada tradisi/budaya/etnis/bangsa. Dengan demikian, seni rupa tradisional bersifat lokal atau kedaerahan. Seni rupa tradisional di daerah bugis misalnya berbeda dengan seni rupa tradisional di daerah Jawa, Batak, atau Papua.

Itulah sebabnya  seni rupa daerah sering disebut seni rupa tradisional karena seni rupa daerah dilakukan secara turun-temurun berdasarkan tradisi, sifat dan kondisi masyarakat suatu daerah tertentu.

gambar disalin dari Indonesia Translation Service



Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.