Seni Keramik Adalah ...

Share:
Seni keramik adalah jenis karya seni rupa yang perwujudan objeknya dilakukan dengan menggunakan material non logam dan anorganik berbentuk padat melalui proses pembakaran bersuhu tinggi. Pada mulanya, keramik lebih dikenal sebagai benda-benda yang terbuat dari bahan tanah liat yang dibakar dengan suhu tinggi, seperti gerabah, genteng, porselin, dan sebagainya. Dewasa ini, keramik cukup berkembang. Bahan keramik juga tidak hanya dari tanah liat, tetapi juga dari bahan lain seperti kaolin, kuarsa, dan sejenisnya.

Teknik membentuk karya seni keramik sebelum sampai pada tahap pembakaran dikenal beberapa cara, ada yang dibutsir, dipijit, diputar dan dipijit, dipiling, dislab, atau dicetak. Penyelesaiannya (finishing-nya) pun bermacam-macam, ada yang diglasir dan ada pula yang tidak, serta ada yang divariasi dengan memberikan dekorasi dengan cara ditempeli material lain, digambar, atau cara lain serta ada pula yang tidak.
gambar disalin dari BPPT BTIKK

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.