Secara Singkat Tentang Seni Grafis

Share:
Banyak pengertian yang menerangkan apa itu seni grafis. Di antara pengertian tersebut, akan dijelaskan beberapa pengertian seni grafis berdasarkan penelusuran referensi dan perkataan pakar.

menurut wikipedia, seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Dalam pandangan lain, situs serupa.id menerangkan bahwa seni grafis yaitu seni dua dimensi yang diciptakan melalui teknik cetak,contohnya cetak sablon (silk screen), cetak tinggi (seperti stempel), cetak datar (lithography), dsb. Esensi seni grafis adalah membuat cetakan yang dapat digunakan untuk mentransfer gambar dari cetakan ke media karya (misalnya: kertas).

Romadecade (romadecade.org) memberikan pengertian seni grafis merupakan seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan teknik cetak di atas sebuah media. Dari pengertian ini bisa mengetahui jika sebuah seni grafis hanya sebuah gambar dua dimensi yang untuk dinikmati estetikanya. Seni yang satu ini bertujuan memperindah sebuah media.

Dikutip dari kompas.com, Arum sutrisni Putri menulis, seni grafis termasuk karya seni rupa dwimatra, dibuat untuk mencurahkan ide atau gagasan dan emosi seseorang. Seni grafis dibuat menggunakan teknik cetak sehingga memungkinkan pelipatgandaan karya tanpa menghilangkan orisinalitasnya. Istilah grafis dalam bahasa Inggris adalah graph atau graphic yang berarti dapat membuat tulisan atau lukisan dengan cara ditoreh atau digores.
gambar disalin dari Pinterest

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.