Rumah Adat Bolaang Mongondow adalah Rumah Adat dari Mana?

Share:
Rumah adat Bolaang Mongondow merupakan rumah adat tradisional dari suku Bolaang Mongondow atau juga biasa disebut suku Bolmong yang nama tempat asalnya pun sama dengan nama suku itu sendiri yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow yang terletak di sebelah barat provinsi Sulawesi Utara. Mirip seperti Rumah Pewaris, Rumah Bolaang Mongondow juga sama-sama mengadopsi rumah panggung yang sebagian besar terbuat dari kayu jati. Idikuti dari Wikipedia

Sebelum saya lanjut, mari kita berdoa atas kejadian banjir bandang yang telah menimpa kabupaten Bone bolango, salah satu kabupaten lintas provinsi yang berdekatan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Keunikan rumah adat Bolaang Mongondow, dikutip dari Pesona Indonesia Info, rumah adat Bolaang Mongondow yang dibangun sekitar ratusan tahun yang lalu di kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Rumah tersebut merupakan rumah Bolaang Mongondow yang asli dan dihuni oleh seorang penduduk lokal berusia 80 tahun. Ia menjadikannya sebagai tempat tinggal khas Sulawesi Utara. Katanya, rumah tersebut ia dapatkan dari leluhurnya yang hidup 3 generasi sebelum mereka.

Uniknya, konstruksi dari rumah adat Manado tersebut tidak pernah direnovasi sedikitpun sejak dibangun. Hanya cat rumahnya saja yang diganti secara berkala.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa rumah ini memiliki material yang sangat kokoh meskipun berasal dari material yang alami. Konstruksinya masih berdiri kokoh walaupun dibangun puluhan tahun lalu.
gambar dikutip dari Fajar Bulawan

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.