Apa itu Sfumato dan Chiaroscuro

Share:
Sfumato dan Chiaroscuro diperkenalkan oleh dua pelukis terkenal pada zamannya. Sfumato  diperkenalkan oleh Leonardo Da VInci sedangkan Chiaroscuro diperkenalkan oleh Rembrandt. Kedua istilah ini dipergunakan dalam lukisan. Muncul sebuah pertanyaan, apa itu teknik sfumato dan apa itu teknik chiaroscuro? 

Teknik Sfumato yaitu teknik menghaluskan garis kasar pada lukisan sehingga garis pada lukisan terlihat sangat halus dan memiliki gradasi yang menarik. Jika dibahasakan secara bebas maka teknik sfumato adalah teknik memperhalus lukisan.
gambar disalin dari phinemo
Teknik chiaroscuro yaitu teknik memberikan gelap-terang pada lukisan. Gelap seperlunya, terang sejadi-jadinya. Teknik ini memberikan efek seolah-olah ada cahaya yang sangat kuat menerangi satu sisi orang yang dilukis. Menurut wikipediachiaroscuro berasal dari kata Italia yang berarti gelap-terang yang bisa juga diartikan menjadi kontras yang sangat kuat antara cahaya dan bayangan di dalam suatu karya seni.
gambar disalin dari drawpanitacademy.com

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.