Apa itu Seni Patung

Share:
Seni patung adalah jenis karya seni rupa tiga dimensi yang dibentuk menurut jenis bahan yang digunakan. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat patung sangat beragam, antara lain tanah liat, batu, kayu, gips, semen, fiber, dan logam. Setiap jenis bahan tersebut memiliki kualitas dan karakter tersendiri sehingga teknik pengerjaannya relatif berbeda antara jenis bahan yang satu dengan jenis bahan lainnya.

Beragamnya jenis bahan yang dapat digunakan untuk mematung sehingga teknik pengerjaannya bervariasi pula. Ada patung yang dibentuk dengan teknik butsir (patung berbahan tanah liat atau semen), teknik pahat dan ukir (patung berbahan kayu atau batu), teknik cor (patung berbahan logam), atau teknik cetak (patung berbahan gips atau fiber). Bahkan miniatur patung dapat dibuat menggunakan plastisin. Menurut wikipedia, plastisin adalah merek tanah liat pemodelan, yaitu bahan pemodelan mirip dempul yang terbuat dari garam kalsium, petroleum jelly, dan asam alifatik. Plasticine digunakan untuk permainan anak-anak dan sebagai media pemodelan untuk struktur yang lebih formal atau permanen.
gambar disalin dari liputan6

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.