Kolase Merupakan Karya Seni Rupa yang Berbentuk

Share:
Banyak pertanyaan yang muncul tentang perbedaan ketiga istilah tersebut. Saya yakin kalian telah banyak mencari rujukan untuk membandingkan dengan pengertian yang akan diberikan berikut ini. Secara sederhana ketiga istilah ini hampir mirip dalam penerapan visual namun jika diperhatikan lebih jauh maka akan terlihat perbedaannya. Berikut penjelasan mengenai kolase.

Menurut Prof. Sofyan Salam, Kolase yaitu apapun yang ditempel. Jika anda menempel kursi pada dinding maka itu juga bisa disebut kolase. Jika anda menggabung beberapa material pada satu bidang maka itu juga disebut kolase.

Lebih lanjut dalam buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa, kolase adalah jenis karya seni rupa yang dibuat dengan menempel potongan, pecahan, atau kepingan material (misalnya kertas, kaca, tegel, kerang, kulit kayu, dedaunan, atau lainnya) yang dimanfaatkan sebagai bagian dari bentuk yang digambarkan. Potongan, pecahan, atau kepingan tidak hanya diperlakukan sebagai bahan pewarna seperti pada mozaik, tetapi juga sebagai bagian dari bentuk yang ingin ditampilkan, dengan ukuran yang tidak perlu sama untuk setiap bagian. Pada kolase, potongan, pecahan, atau kepingan material yang juga biasanya dari benda-benda bekas dapat langsung ditempelkan menjadi bagian dari objek yang akan digambarkan. Sedangkan pada mozaik, material yang digunakan dipoton-potong dalam ukuran kecil yang relatif sama kemudian disusun menurut warnanya hingga membentuk objek.
gambar disalin dari Ngerti aja


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.