Hal yang Banyak Mempengaruhi Seni Rupa di India

Share:
Secara umum India dipisahkan dengan yang lainnya oleh pegunungan dan lautan. Penemuan arkeologi seni rupa India banyak ditemukan di Harappa dan Mohenjo Daro tahun 1921.

Asal-usul bangsa India dipercaya pertama kali dibawa oleh bangsa Drawida dan bangsa Arya. Kepercayaannya dipengaruhi animisme dan dinamisme. Secara garis besar agama mereka adalah Hindu, Jaina, Budha dan Islam. Yang paling besar pengaruhnya dalam seni rupa India adalah Hindu, Jaina dan Budha.

Karya seni rupa India tidak lepas dari kepercayaan atau keagamaan. Setiap karya akan berlandaskan kepercayaan karya seni yang merupakan simbol dari kepercayaannya. Seni rupa di India terikat aturan penciptaan, oleh karena itu mutu karya yang dihasilkan harus sesuai aturan. Karya tidak dianggap sebagai ekspresi bebas seperti halnya di seni rupa Barat.

Dalam seni rupa India karya dikatakan bagus jika mengikuti aturan. Sebuah karya dikatakan bagus jika memiliki 4 kriteria:
Rupabedha: penghayatan rupa suatu objek/benda  hubungan dengan benda lain
Pramanan:  penggunaan proporsi yang tepat (kera jantan & betina)
Sadrcyam: penggambaran hal yang hakekat (dilakukan dengan Yoga)
Varnikabhangan: teknik pewarnaan, terang gelap, perspektif

Karya yang baik dikatakan memenuhi syarat aturan jika memenuhi 4 kriteria di atas, tetapi kan lebih sempurna jika ditambah:
Bhava: ekspresi jiwa
Lavanya: keindahan yang terpencar dari dalam suatu karya

Penjelasan di atas adalah hal yang banyak mempengaruhi seni rupa di india. Secara singkat seni rupa India banyak dipengaruhi oleh kepercayaan masyarakatnya.
gambar disalin dari India The Destiny

Tertarik membaca seni rupa cina, silakan klik di sini
Tertarik membaca seni rupa Jepang, silakan klik di sini
Tertarik membaca seni rupa prasejarah di Eropa, klik di sini untuk bagian pertama dan di sini untuk Prasejarah kedua

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.