Fungsi Seni Rupa dalam Dua Kelompok

Share:
Biasanya fungsi seni rupa diukur dengan fungsi seni rupa dalam dua kelompok yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. 

Karya seni rupa murni adalah karya seni rupa yang dibuat semata-mata dengan niat untuk memenuhi kebutuhan mengkspresikan rasa indah (rasa estetis), tidak dimaksudkan untuk memenuhi kegunaan atau fungsi yang bersifat praktis.

Contoh karya seni rupa yang termasuk golongan ini, adalah lukisan, patung, tapestri, atau karya seni rupa lainnya yang dihasilkan oleh seniman semata-mata dimaksudkan sebagai ekspresi estetik. Seni rupa murni dalam bahasa inggris biasanya disebut fine art.

Karya seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dibuat dengan maksud untuk memenuhi fungsi atau kegunaan tertentu yang bersifat praktis. Aspek kegunaan sebagai faktor utama mendasari pembuatan karya seni jenis ini. Artinya, karya seni rupa ini lahir karena didorong oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhan praktis dalam rangka memudahkan manusia dalam kehidupannya. Akan tetapi, di dalam upaya memenuhi kebutuhan yang bersifat praktis tersebut, manusia ingin pula terpuaskan citarasa estetiknya sehingga proses mewujudkannya diupayakan pula agar karya tersebut menarik dipandang. 

Oleh karena itu, aspek estetik (keindahan) karya tersebut juga menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan dan dipenuhi dalam proses pembuatannya. Karya seni rupa yang termasuk dalam golongan ini pada umumnya berupa karya desain atau karya seni kriya. Dalam bentuk dua dimensi, misalnya poster, spanduk, billboard, brosur, kulit buku, dan logo. Dalam bentuk tiga dimensi misalnya prabot, kendaraan, bangunan, dan Televisi. Seni rupa terapan dalam bahasa Inggris biasanya disebut applied art.
gambar disalin dari dictio.id

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.