Fungsi Gambar Dekoratif adalah

Share:
Gambar dekoratif adalah gambar yang bercorak dekor, yakni gambar dengan hiasan yang wujudnya rata, tidak menampakkan jarak, isi, perspektif dan juga umumnya sudah tidak mirip dengan bentuk yang sebenarnya karena digayakan. Pola dekoratif pada benda biasanya berfungsi sebagai penghias suatu benda agar terlihat menarik. Dalam web Trifaris disebutkan fungsi lain gambar dekoratif yaitu untuk membuat keindahan melalui karya seni, karya seni dekorasi ini termasuk ke dalam karya seni yang mudah untuk dicerna oleh pemirsanya. Misal seni rupa dekorasi jenis geometris, ia dapat dilihat dari ragam hias di daerah kepulauan seluruh Indonesia.

Dalam serupa.id disebutkan bahwa ragam hias atau dekoratif memiliki pola bentuk gambar dan pengulangan yang teratur atau tidak teratur tapi masih tetap seimbang. Pola teratur akan menghasilkan gambar yang rapi, harmonis dan memberikan kesan menenangkan. Sementara pola tidak teratur akan menghasilkan ragam ornamen (hias) yang ekspresif dan dinamis.

Fungsi gambar dekoratif adalah sebagai penghias yang meliputi fungsi praktis dan fungsi estetis hingga berkepentingan sebagai simbol dari kepercayaan suatu masyarakat. Gambar-gambar ragam hias dapat ditemukan pada dinding rumah adat, anyaman, kain batik dan benda-benda kerajinan atau kriya lainnya.
gambar disalin dari wikimedia


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.