Festival Kuwung Merupakan Acara Seni dan Budaya Sekaligus Pesta Rakyat

Share:
Festival Kuwung Merupakan Acara Seni dan Budaya Sekaligus Pesta Rakyat yang terdapat di Banyuwangi. Festival Kuwung adalah salah satu event festival tertua di Banyuwangi. Festival ini digelar untuk menampilkan beragam budaya Banyuwangi dalam sebuah parade seni budaya. Sesuai namanya Kuwung, yang artinya pelangi dalam bahasa setempat.

Festival ini menampilkan banyak agenda setiap tahunnya. Berbagai parade budaya Banyuwangi yang dibawakan oleh anak muda yang menjadikan festival kuwung akan selalu terjaga kelestarian seni budaya daerahnya.

Seperti namanya, kuwung atau pelangi, festival digelar dengan meriah dengan berbagai pertunjukan yang menghadirkan wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Times Indonesia memberikan gambaran tentang festival ini dengan mengangkat legenda Gontang Gelintang, yakni tentang asal-usul Desa Gintangan. Selain menampilkan fragmen tari tentang asal usul desa, juga ditampilkan potensi Desa Gintangan sebagai sentra kerajinan bambu. Aneka kerajinan bambu ditampilkan dalam parade mobil yang unik.

Sementara situs resmi Banyuwangi mengatakan bahwa festival Kuwung adalah etalase kebudayaan dan seni asli Banyuwangi. Festival ini dihadirkan untuk menjadi panggung eksistensi seni dan budaya asli Banyuwangi yang beragam untuk tetap lestari.
gambar disalin dari Times Indonesia

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.