Desain Poster merupakan Karya Seni Rupa yang Berfungsi

Share:
Desain poster merupakan bagian dari karya seni rupa yang berfungsi sebagai media publikasi dan informasi.

Menurut diskusi pada forum brainly, poster adalah salah satu bentuk penyebaran informasi yang dapat dilakukan kepada masyarakat. Poster memiliki ciri khasnya tersendiri. Salah satunya adalah penggunaan unsur grafis yang dominan daripada unsur teks. Hal ini dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat terhadap informasi yang disampaikan dalam teks tersebut. Penggunaan unsur grafis yang dominan ini sangat penting karena masyarakat sudah ditimpa dengan begitu banyak informasi yang tidak perlu sehingga banyak orang kerap menentukan nilai dari sebuah informasi dari tampilan luarnya saja.

Sementara wikipedia, poster merupakan karya seni atau reka bentuk grafik yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditampal pada dinding atau permukaan datar lain dengan sifat mencari perhatian orang ramai sekuat mungkin. Kerana itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, motivasi, propaganda, dan dekorasi. Selain itu boleh pula berupa salinan karya seni terkenal.

Lebih lanjut diskusi pada brainly bahwa desain pada poster mencakup baik unsur gambar, grafis maupun teks. Desain poster memastikan bahwa kedua unsur tersebut saling melengkapi satu sama lain dan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Setiap poster tidak selamanya harus menekankan pada penggunaan grafis yang menonjol jika grafis tersebut malah mengalihkan perhatian pemirsa poster tersebut dari informasi utama yang ingin disampaikan, yang biasanya disampaikan melalui unsur teks pada poster tersebut.

Prinsip desain poster tidak jauh beda dengan prinsip seni rupa yaitu keseimbangan/ balancingalur baca/movement, penekanan/emphasis, irama/rhythm, kesatuan/unity.
gambar disalin dari Wikipedia

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.