Ciri-ciri Seni Rupa Modern

Share:
Istilah modern secara umum sering kali diartikan dalam hubungan dengan masa atau waktu yakni sesuatu yang baru. Namun, pada bidang seni rupa, istilah modern diartikan tidak berkenaan dengan masa/waktu, melainkan dalam hubungannya dengan sikap batin yang melatari lahirnya sebuah karya. Bila pada karya seni rupa tradisional keterikatan pada norma dan bentuk yang mentradisi sebagai ciri utama, sebaliknya pada karya seni rupa modern ketidakterikatan pada norma dan bentuk yang mentradisi.

Pada seni rupa modern, kebebasan dan kekreatifan sebagai ciri utama. Sikap batin seniman modern mengutamakan kebebasan yang mendorong kekreatifan dalam berekspresi.  Beberapa ciri karya seni rupa modern adalah: (1) menonjolkan kreativitas gagasan, ide, teknik; (2) berorientasi ke masa depan (bukan pada masa lalu); (3) bersifat universal; dan (4) menonjolkan individualitas dan karena itu nama penciptanya menjadi penting.

Seni rupa modern sering dikaitkan dengan seni rupa abad-19.

gambar disalin dari Fizdi

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.