Cara Mengupayakan Irama dalam Sebuah Karya Seni Rupa

Share:
Istilah “irama” identik dengan kata rhythm dalam bahasa Inggris yang bermakna gerakan atau bunyi berturut-turut secara teratur. Irama dalam pengertian umum adalah kondisi yang menunjukkan kehadiran sesuatu yang berulang-ulang secara teratur. Pada bentuk-bentuk alam, irama bisa dilihat pada pengulangan gerak ombak laut, gelombang pasir di gurun, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain.

Irama pada karya seni pada dasarnya merupakan hubungan pengulangan dari unsur-unsur yang membentuk karya seni tersebut. Pada karya seni rupa, irama dapat berupa irama garis, irama bentuk, irama warna, irama tekstur, atau irama ruang.

Bagaimana cara mengupayakan irama dalam sebuah karya seni rupa? Beberapa cara dapat dilakukan untuk menciptakan irama, misalnya: (1) pengulangan bentuk, ukuran, warna, dan arah yang sama, (2) Pengulangan arah yang sama namun bentuk yang berbeda, (3) Pengulangan objek dengan bentuk dan ukuran yang sama namun dengan arah yang berbeda, (4) Pengulangan bentuk objek yang berbeda secara bergantian dan teratur, (5) Pengulangan objek yang berbeda secara teratur dan terus menerus hingga membentuk seolah-olah bentuk garis, dan (6) Pengulangan objek yang berbeda secara bebas.
gambar disalin dari Samuel Hallkvist

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.